Empat Rekomendasi Makanan yang Bisa Turunkan Risiko Kanker

KLIKPOSITIF – Rekomendasi makanan bagi Anda penderita kanker bisa memberikan banyak manfaat bagi ksehatan tubuh dan mengurangi pertumbuhan kanker. Dilansir dari laman Healthline, berikut empat makanan yang di rekomendasikan untuk Anda.

1. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, senyawa tanaman yang ditemukan dalam sayuran yang mungkin memiliki sifat antikanker yang kuat.

Satu penelitian tabung menunjukkan bahwa sulforaphane mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara hingga 75%.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa asupan lebih tinggi sayuran seperti brokoli mungkin dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker kolorektal.

2. Wortel

Beberapa penelitian menemukan bahwa makan lebih banyak wortel dikaitkan dengan penurunan risiko jenis kanker tertentu.

Misalnya, sebuah analisis melihat hasil lima penelitian dan menyimpulkan bahwa makan wortel dapat mengurangi risiko kanker perut hingga 26%.

Studi lain menemukan bahwa asupan wortel yang lebih tinggi dikaitkan dengan 18% lebih rendah kemungkinan terkena kanker prostat.

Sebuah studi menganalisis pola makan 1.266 peserta dengan dan tanpa kanker paru-paru. Ditemukan bahwa perokok yang tidak makan wortel tiga kali lebih mungkin terkena kanker paru-paru, dibandingkan dengan mereka yang makan wortel lebih dari sekali seminggu.

3. Kacang

Kacang kaya akan serat, yang menurut beberapa penelitian dapat membantu melindungi terhadap kanker kolorektal.

Sebuah penelitian yang mengamati 1.905 orang dengan riwayat tumor kolorektal, dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak kacang matang dan kering cenderung mengalami penurunan risiko kambuhnya tumor.

Sebuah penelitian pada hewan juga menemukan bahwa memberi makan kacang hitam atau kacang navy pada tikus dan kemudian menginduksi kanker usus besar menghambat perkembangan sel kanker hingga 75%.

Berdasarkan hasil tersebut, mengonsumsi beberapa porsi kacang-kacangan setiap minggu dapat meningkatkan asupan serat dan membantu menurunkan risiko terkena kanker.

4. Buah beri

Buah beri kaya akan antosianin, pigmen tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan dan mungkin dikaitkan dengan penurunan risiko kanker.

Dalam sebuah penelitian pada manusia, 25 orang dengan kanker kolorektal diobati dengan ekstrak bilberry selama tujuh hari, yang ditemukan mengurangi pertumbuhan sel kanker sebesar 7%.

Penelitian kecil lainnya memberikan raspberry hitam beku-kering kepada pasien kanker mulut dan menunjukkan bahwa hal itu menurunkan kadar penanda tertentu yang terkait dengan perkembangan kanker.

Exit mobile version