Kota Solok Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Ruang Investasi

Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra (Prokomp)

Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif – Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra mengharapkan, Kota Solok menjadi salah satu daerah tujuan investasi di Sumatra Barat. Hal tersebut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah di Kota Beras Serambi Madinah.

Menurutnya, Kota Solok sudah mempersiapkan langkah dan program strategis dalam mendorong tumbuhnya investasi di Kota Solok. Salah satunya dengan menyiapkan regulasi dan kemudahan bagi investor dalam pengurusan investasi.

“Secara perlahan, kita terus benahi infrastruktur pendukung investasi. Mulai dari penataan kembali Pasar Raya Solok, Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah, serta pembangunan jalan lingkar utara,” kata Dhani saat membuka diskusi panel peluang investasi, Rabu (3/8/2022) di D-Relazion.

Dhani menjelaskan, saat ini laju pertumbuhan ekonomi Kota Solok pada periode 2016-2020 mencapai rata-rata 4,25 persen. Sementara itu, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kota Solok mencapai 3,64 persen atau berada di atas rata-rata laju pertumbuhan ekonomi nasional dan Sumatra Barat.

Ia menyebutkan, memperhatikan pola laju pertumbuhan ekonomi Kota Solok terhadap laju pertumbuhan ekonomi nasional dan Provinsi Sumatera Barat, maka terlihat kemiripan pola. Saat LPE Provinsi dan nasional mengalami peningkatan pertumbuhan pada tahun 2016-2017, laju pertumbuhan ekonomi Kota Solok juga mengalami peningkatan.

“Dari fakta ini, perencanaan strategi dan kebijakan pembangunan ekonomi makro pemerintah daerah Kota Solok harus menyesuaikan dengan kebijakan ekonomi nasional dan Provinsi. Perencanaan harus berfondasi pada potensi riil ekonomi Kota Solok,” tambah wawako.

Dhani berharap, dinas terkait terus berinovasi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui ruang investasi. Sistem dan alur perizinan investasi di Kota Solok harus terjami kemudahannya. Jangan sampai investor kabur lantaran sulitnya administrasi dan perizinan.

“Kota Solok harus menjadi daerah ramah investor. Mari kita buka ruang seluas-luasnya agar investasi tumbuh dan membawa kesejahteraan bagi segenap masyarakat Kota Solok,” tutupnya.

Exit mobile version