Ini Cabang Olahraga yang Dipertandingkan dalam SOIna

Ada 11 cabang olahraga dan 8 program pendukung SOIna yang bisa diikuti

PADANG,KLIKPOSITIF — Wakil Ketua SOIna pusat bidang Organisasi, Wiyono Punco Winoto menyebutkan, pergerakan organisasi SOIna bisa mewadahi para penyandang disabilitas dalam mengembangkan bakat. Ada 11 cabang olahraga dan delapan program pendukung SOIna yang bisa dimanfaatkan oleh penyandang untuk mengaktualisasi diri.

“Sebelas cabang olahraga itu masing-masing atletik, badminton, tenis meja, sepak bola, basket, renang, bocce, volly, bola tangan, bowling dan gimnastik,” katanya, Senin 15 Januari 2018 saat pelantikan Kepengurusan Special Olimpics Indonesia (SOIna) Sumatra Barat (Sumbar) bertempat di Auditorium Gubernur.

Sementara delapan program pendukung diantaranya pemeriksaan kesehatan, sosialisasi special olympics, pelatihan kepemimpinan, pertandingan olahraga gabungan antara penyandang disabilitas dan non disabilitas. 

Kemudian dukungan keluarga untuk special olympics, program menjalin hubungan dan persahabatan antara penyandang disabilitas untuk menghilangkan stigma negatif, kampanye menghilangkan kata keterbelakangan mental dalam bahasa sehari-hari dan mendorong aktivitas motorik.

“Cabang itu harus disegerakan pembentukannya di kabupaten dan kota, agar bisa mendata dan membuat program untuk penyandang disabilitas intelektual agar bisa menjadi atlet berprestasi,” ulasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua SOIna Sumbar, Amsyarudin menyebutkan ada sejumlah kompetisi olahraga yang masuk jadwal pada tahun ini diantaranya pekan olahraga cabang, pekan olahraga daerah, pekan olahraga nasional dan kejuaraan internasional.

Baca berita sebelumnya : Vakum 8 Tahun, Pengurus SOIna Sumbar Akhirnya Dikukuhkan

[Joni Abdul Kasir]

  • *
    👉Silahkan bergabung di Grup FB SUMBAR KINI untuk mendapatkan informasi terupdate tentang Sumatera Barat.

Exit mobile version