Bupati Rusma Harapkan 2022 Pessel Sudah Terkoneksi Penuh Jaringan Internet

Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar mengharapkan, melalui kerjasama PT. Telkom Indonesia, pada tahun 2022 seluruh nagari di Pesisir Selatan tidak ada lagi yang blank spot internet.

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat menjamu pihak PT Telkom dan Telkomsel saat berkunjung ke kantor Bupati Pessel

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat menjamu pihak PT Telkom dan Telkomsel saat berkunjung ke kantor Bupati Pessel (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF– Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar mengharapkan, melalui kerjasama PT. Telkom Indonesia, pada tahun 2022 seluruh nagari di Pesisir Selatan tidak ada lagi yang blank spot internet.

Menurutnya, harapan itu seiringi dengan masih adanya wilayah di daerah itu yang belum terjangkau internet, bahkan jaringan telekomunikasi handphone pun masih jauh dari harapan.

“Jadi dari itu, kita berharap jika bisa tahun 2022 seluruh wilayah Pesisir Selatan, sudah terkoneksi jaringan telekomunikasi,” ungkap Bupati Rusma Yul Anwar usai beraudiensi dan silaturahmi dengan pihak Telkom, di Painan, Selasa 9 November 2021.

Audiensi, dihadiri General Manager (GM) Wilayah Telkom Sumbar Alfi Sumarta, Manajer BGES Telkom Sumbar Suwito dan Manajer Teknis Telkomsel Sumbar Andi Suapril beserta pejabat Telkom dan Telkomsel.

Menurut bupati, adanya kerjasama dengan Telkom, tinggi harapan seluruh wilayah di Pessel sudah terkoneksi. Karena memang, dengan perkembangan teknologi, akses internet telah menjadi akses mempercepat komunikasi.

“Minimal lokasi pelayanan publik seperti sekolah dan kantor pemerintah tersedia jaringan internet secara memadai,” terangnya.

Selain akses pelayanan, tentu juga diharapkan dapat memacu kemajuan masyarakat dibidang ekonomi, pendidikan, pengetahuan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Namun, kita akui karena keterisolasian, jaringan internet mengalami kesulitan hal ini. Karena memang kondisi geografis kita memanjang dan berada di sekitar bukit barisan,” terangnya.

GM Telkom Sumbar Alfi Sumarta mengaku, siap melakukan percepatan pemenuhan jaringan sesuai dengan harapan bupati.

Menurutnya, pemenuhan kebutuhan jaringan bakal dikembangkan melalui teknologi kabel fiber optik.

“Dengan menggunakan teknologi kabel fiber optik, Telkom optimis jaringan internet dapat terkoneksi di seluruh wilayah Pesisir Selatan,” jelasnya.

Sementara, Manajer Teknis Telkomsel Sumbar, Andi Suapril mengemukakan, tahun ini Telkomsel telah membangun 18 buah BTS (Base Transceiver Station) atau stasiun pemancar.

Untuk meningkatkannya lagi, pada 2022 Telkomsel akan memasang sebanyak 21 BTS lagi, tentunya untuk memaksimalkan jangkauan telekomunikasi internet di Pessel.

Exit mobile version