2049 Calon Mahasiswa Baru Bersaing Perebutkan 477 Kursi PNP Lewat Jalur SM-KPN

2049 calon mahasiswa Baru ikuti UTBK jalur SM-KPN se-Indonesia

Wakil Direktur PNP Bidang Kerja Sama, Ihsan Lumasa Rimra meninjau pelaksanaan UTBK jalur SM-KPN se-Indonesia di Labor komputer kampus PNP, Sabtu (22/6/2024). UTBK itu digelar selama 2 hari, yaitu 22-23 Juni 2024.

PADANG, KLIKPOSITIF – Sebanyak 2049 calon mahasiswa baru mengikut Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Masuk Konsorsium Politeknik Negeri (SM-KPN) se-Indonesia di Politeknik Negeri Padang (PNP), Sabtu (22/6/2025).

Direktur PNP Surfa Yondri usai meninjau pelaksanaan UTBK kepada wartawan mengatakan bahwa UTBK untuk jalur SM-KPN ini digelar serentak di 44 Politeknik Negeri di Indonesia. Di PNP sendiri, UTBK ini dilaksanakan di 6 labor komputer. “Masing-masing labor berisikan 25 orang peserta,” katanya.

Jalur SM-KPN ini, kata Surfa Yondri melanjutkan, merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024 di PNP. Sebelumnya, PNP telah menerima mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Test (SNBT).

Untuk jalur SNBP, jumlah mahasiswa baru yang diterima sebanyak 794 orang, dan melalui jalur SNBT sebanyak 1123 orang. Kemudian untuk jalur SM-KPN ini, jumlah yang diterima 477 orang. “Artinya, semua peserta UTBK jalur SM-KPN ini akan bersaing untuk mengisi 477 kursi yang disediakan PNP,” ujarnya.

Selain SNBP, SNBT dan SM-KPN, Surfa Yondri menyebut bahwa PNP juga menerima mahasiswa baru untuk kelas kerja sama dengan PT Trakindo Utama untuk Prodi D-IV Teknik Alat Berat dengan jumlah mahasiswanya 24 orang, dan kelas kerja sama dengan PT Semen Padang dengan jumlah mahasiswa 25 orang untuk Prodi D-III Teknik Mesin.

“Untuk kelas kerja sama dengan Trakindo, sudah berlangsung sejak lama. Kemudian dengan PT Semen Padang, tahun ini merupakan tahun pertama dilakukan pembukaan kelas kerja sama. Kelas kerja sama dengan PT Semen Padang itu melalui Program Bangsa (Beasiswa Anak Nagari Semen Padang),” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Direktur PNP Bidang Kerja Sama, Ihsan Lumasa Rimra menyebut selain seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk Prodi D-III dan D-IV, PNP juga akan menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru D2 Fast Track. Penerimaannya sudah dibuka dan akan berakhir pada 30 Juni mendatang.

Kemudian, juga penerimaan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang akan dibuka pada 25 Juni 2024. “Sedangkan untuk penerimaan mahasiswa baru Prodi S2 Magister Terapan Sistem Informasi Akuntansi (MTSIA) dan Magister Terapan Perawatan dan Restorasi Jembatan (MTPRJ) yang akan dibuka pada Juli mendatang,” katanya.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PNP Tahun Ajaran 2024 Ir. Zulhendri ST,MT menambahkan bahwa untuk UTBK jalur SM-KPN ini, pelaksanaannya dilakukan selama 2 hari, yaitu 22-23 Juni 2024. Untuk jadwalnya, yaitu pagi, siang dan sore.

Untuk jadwal pagi, masuk pada pukul 07.30 WIB. Kemudian pada pukul 07.40 WIB sampai pukul 07.49 WIB latihan soal, dan pada pukul 07.50 WIB barulah dimulai ujian. Ujian dilakukan selama 3 jam, yaitu sampai pukul 10.50 WIB. Kemudian untuk jadwal siang, masuk pukul 11.10 WIB, latihan soal pukul 11.20-11.29 WIB, dan pada pukul 11.30-14.30 WIB ujian.

Selanjutnya untuk jadwal sore, masuk pukul 14.50 WIB, latihan soal pukul 15.00-15.09 WIB, dan ujian dari pukul 15.10-18.10 WIB. “Untuk jadwal siang, ini ada persoalan bagi peserta di PNP yang mayoritas umat Islam, karena berbenturan dengan jadwal salat.l Zuhur. Artinya, kalau peserta ingin salat dipersilahkan. Namun, tidak ada penambahan waktu,” katanya.

Ditambahkannya, UTBK penerimaan mahasiswa baru tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Kalau tahun lalu, lama ujiannya hanya 2 jam, dan tahun ini ditambah menjadi 3 jam. “Penambahan ini dilakukan, karena ada beberapa soal yang jawabannya berupa analisa, sehingga ada penambahan waktu untuk menganalisa soal-soal yang ada di UTBK,” pungkas Zulhendri.(*)

Exit mobile version