Sukseskan Program Bajak Gratis, Ini yang Dilakukan Pemkab Tanah Datar

Program unggulan Pemkab Tanah Datar yakni bajak gratis akan segera dilaksanakan. Program ini diyakini dapat menekan biaya produksi bagi petani dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF – Program unggulan Pemkab Tanah Datar yakni bajak gratis akan segera dilaksanakan. Program ini diyakini dapat menekan biaya produksi bagi petani dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian menyampaikan program bajak gratis ini mengadopsi dari Pemerintah Provinsi Gorontalo yang telah melakukan terlebih dahulu.

“Program ini memberikan layanan bajak gratis bagi petani dalam menekan biaya produksi, khususnya biaya pengolahan tanah,” tutur Richi di Batusangkar, Senin 10 Januari 2022.

Wabup menyebut dalam menyukseskan program bajak gratis ini akan dilaksanakan oleh Brigade alsintan (alat mesin pertanian) yang dibentuk oleh Dinas Pertanian.

Disebutkan, saat ini bantuan alsintan kepada kelompok tani yang ada di Tanah Datar sebanyak 1.500 unit, namun jumlah ini masih belum memadai.

“Untuk alsintan yang sudah tidak terpakai atau rusak, pemkab akan mengumpulkan kembali dan melakukan perawatan, selanjutnya meminjamkan kembali kepada petani yang membutuhkan,” tutur Richi.

Pemkab Tanah Datar sudah melakukan koordinasi dengan beberapa lembaga kompeten seperti Dinas Pertanian Provinsi Sumbar, Fakultas Teknik Pertanian (Fateta) Unand, dan Pemerintah Pusat.

Pemprov Sumbar siap membantu dalam berbagai hal untuk mendukung program bajak gratis ini seperti bantuan alsintan, perbaikan atau servis alsintan yang juga akan diberikan secara gratis.

Sementara, Fateta Unand siap membantu dalam hal sumberdaya manusia, tim teknis, dan para pakar teknik pertanian.

Exit mobile version