Positifers, Yuk Intip Keunggulan Peralatan Lab PT Semen Padang

dengan sertifikat LP-280-IDN sebagai Laboratorium Penguji, dengan menerapkan secara konsisten SNI ISO/IEC 17025:2008

PADANG, KLIKPOSITIF – Laboratorium PT Semen Padang telah memiliki akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan sertifikat LP-280-IDN sebagai Laboratorium Penguji, dengan menerapkan secara konsisten SNI ISO/IEC 17025:2008 sebagai persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi.

Akreditasi yang telah dimiliki oleh perusahaan persemenan pertama di Asia Tenggara ini tentunya didukung oleh peralatan laboratorium yang unggul dan maju. Apasaja peralatan itu?

Kepala Biro Quality Assurance PT Semen Padang, Nuralib menjelaskan peralatan yang dimiliki perusahaan yang bertempat di Indarung ini yakni X-Ray Difraction (XRD), X-Ray Fluorescence (XRF), Pressuirized Consistometer, Atmospheric Consistometer, Pycnometer, Thermal Gravimetry Analyzer, Spectrofotometer UV-Vis, Polarizing Microscope, Ion Exchange Titration, Mini Free Space Oven, Particle Size Analyzer, Pack Set Index, Differential Colorimeter, Automatic Setting Time, Flow Table, Alpine Air Jet Sieves, Air Permeability Blaine, dan Particle Size Distribution.

Laboratorium juga dilengkapi dengan Le-Chatelier, Rotary Sample Divider, Raymond Mill, Bomb Colorimeter, Moisture Analyzer, Mini Free Space Oven, Gurlfy Densometer, Engler Viscometer, Flame Fotometer, Compressive Strenght M, Bending Strench Machine, Tensile Strenght Tester, Burst Tester, Digital Tear, Horizontal Tensile Tester, Hammer Test, Sieve Shaker, Slump Test, Core Drill, Dinamic Cone P. (DCP), Sand Cone, Impaction Test, dll.

“Selain itu, laboratorium kita juga memiliki Alat Uji Kuat Tekan (Compressive Strength), Alat Uji Kuat Lentur, Alat Uji Kuat Tarik Belah, Automatic Vicat, Alat Uji Kalorimeter, Alat Uji Semen OWC, Thermal Gravimetry Analyzer (TGA), dan Alat Uji Kertas,” jelasnya.

Semua alat yang dimiliki Laboratorium Quality Assurance sudah canggih dan unggul. Peralatan itu digunakan untuk melakukan pengujian semua material yang digunakan dalam proses produksi semen. Mulai dari bahan baku untuk pembuatan hingga menjadi produk jadi, yakni semen.

Selain itu, fasilitas yang dimiliki oleh Laboratorium Quality Assurance yakni Lab. Kimia dan Kalibrasi (Untuk pengujian kimia semen dan Klinker), Lab. Fisika & Tipe Khusus (Untuk pengujian fisika semen dan klinker), Lab. Oil Well Cement, Lab. Uji Bahan Penunjang (Untuk melakukan sampling dan preparasi material, pengujian pozzolan, clasy, fly ash, kertas, kantong dan bahan kantong), Lab Uji Kimia Bahan (Untuk pengujian batubara, gypsum, pasir besi, limestone, silica stone), dan Lab. Aplikasi Semen & Beton (Untuk pengujian beton, agregat, grouting dan mix design beton).

Selain mendukung kegiatan operasional perusahaan, laboratorium Quality Assurance juga menerima permintaan pengujian dari pihak luar. Bagi Anda yang ingin menggunakan pengujian di Laboratorium Quality Assurance PT Semen Padang bisa menghubungi Laboratorium Quality AssurancePT Semen Padang di Jalan Raya Indarung- Padang Lubuk Kilangan 25237 dan bisa juga menghubungi line telepon kami di 0751-202876/0751-202856 atau bisa langsung kontak Ayu Melda dengan nomor WhatsApp: 0813 6307 6661 dan Farida di nomor: 0853 7666 6936, serta bisa menghubungi kami di admin.jkpt @semenindonesia.com (*)

 

Exit mobile version