Periset Identifikasi 27 Keadaan Emosi Manusia

periset di University of California, Berkeley, mengidentifikasi 27 kategori emosi yang berbeda

Ilustrasi

Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF – Sebuah studi baru menantang asumsi psikologi lama bahwa kebanyakan emosi manusia termasuk dalam kategori kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, kejutan, ketakutan dan jijik secara umu.

Dengan menggunakan model statistik untuk menganalisis tanggapan dari 853 pria dan wanita, dan 2.185 klip video emosional yang diunggah oleh peserta, periset di University of California, Berkeley, mengidentifikasi 27 kategori emosi yang berbeda dan menciptakan peta multidimensi untuk menunjukkan bagaimana keadaan mereka terhubung.

Selain itu, berbeda dengan anggapan bahwa setiap keadaan emosional merupakan sebuah pulau, ada kemiripan emosi antara kekaguman dan kedamaian, horor dan kesedihan, serta hiburan dan pemujaan.

“Kami tidak mendapatkan kumpulan emosi yang terbatas dalam peta karena semuanya saling terkait,” kata penulis utama studi Alan Cowen, seorang mahasiswa doktoral ilmu saraf di UC Berkeley.

Untuk penelitian ini, peserta studi online melihat pengambilan sampel acak dari video diam 5- sampai-10 detik yang dimaksudkan untuk membangkitkan berbagai emosi. Tema dari klip video termasuk kelahiran dan bayi, pernikahan dan proposal, kematian dan penderitaan, laba-laba dan ular, pratamps fisik dan aksi berisiko, tindakan seksual, bencana alam, alam yang menakjubkan dan jabat tangan yang canggung.

Tiga kelompok partisipan yang terpisah menonton rekaman video. Kelompok pertama dengan bebas melaporkan tanggapan emosional mereka ke masing-masing 30 klip video. “Tanggapan mereka mencerminkan susunan emosional yang kaya dan bernuansa, mulai dari nostalgia hingga perasaan ‘kotor,'” kata Cowen.

Kelompok kedua menilai setiap video sesuai dengan keinginan mereka yang membuat mereka merasa kagum, terpuji, penghargaan yang estetis, geli, cemas, cemas, kagum, canggung, bosan, tenang, bingung, hina, idaman, kecewa, jijik, rasa sakit empati, iri hati, kegembiraan, ketakutan, rasa bersalah, horor, minat, sukacita, nostalgia, kebanggaan, kelegaan, percintaan, kesedihan, kepuasan, hasrat seksual, kejutan, simpati dan kemenangan. Peserta berkumpul untuk tanggapan yang sama, dengan lebih dari setengahnya melaporkan kategori emosi yang sama untuk setiap video.

Kelompok terakhir menilai respons emosional mereka pada skala 1 sampai 9 untuk setiap dari selusin video berdasarkan dikotomi seperti positif versus negatif, kegembiraan versus ketenangan, dan dominasi versus ketaatan. Periset mampu memprediksi bagaimana peserta menilai video berdasarkan pada bagaimana peserta sebelumnya menilai emosi yang dihasilkan oleh video.

Secara keseluruhan, hasilnya menunjukkan bahwa peserta penelitian umumnya berbagi tanggapan emosional yang sama atau serupa terhadap masing-masing video, memberikan banyak data yang memungkinkan peneliti mengidentifikasi 27 kategori emosi yang berbeda.

Dilansir dari laman xinhua, melalui teknik pemodelan dan visualisasi statistik, para peneliti mengorganisasikan respons emosional ke setiap video ke dalam atlas semantik emosi manusia. Di peta, masing-masing dari 27 kategori emosi yang berbeda sesuai dengan warna tertentu.

“Kami menemukan bahwa 27 dimensi yang berbeda, bukan enam, diperlukan untuk menjelaskan bagaimana ratusan orang dengan andal melaporkan perasaan menanggapi setiap video,” kata penulis senior studi Dacher Keltner, seorang profesor psikologi UC Berkeley dan pakar ilmu emosi.

 

 

Exit mobile version