Pedas, Harga Cabai Merah Tembus Rp90 Ribu per Kilogram di Pasar Raya Solok

Aktivitas jual beli cabai merah keriting di Pasar Raya Solok.(Klikpositif)

Aktivitas jual beli cabai merah keriting di Pasar Raya Solok.(Klikpositif)

Solok Kota, Klikpositif – Sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga di Pasar Raya Solok. Kenaikan beragam, mulai dari Rp5 ribu hingga Rp20 ribu per kilogram.

Dari pantauan Klikpositif di Pasar Raya Solok, cabai merah keriting mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Dalam dua hari terakhir, harganya menembus Rp90 ribu per kilogram.

“Kalau di Pasara Raya Solok baru dua hari, sebelumnya cabai merah kampung (keriting) hanya berkisar dari Rp60-70 per kilogram,” kata Asmanizar, pedagang cabai di Pasar Raya Solok, Sabtu (11/6/2022).

Kenaikan harga cabai merah juga diikuti cabai hijau. Sebelumnya, harga cabai hijau hanya Rp30 ribu per kilogram, saat ini naik Rp10 ribu per kilogram.

Selain cabai, bawang merah sudah terlebih dahulu naik harga. Menurut pedagang, kenaikan harga bawang sudah sejak sebulan terakhir. Per kilogram, harga bawang mencapai Rp45 ribu dari sebelumnya Rp30 ribu per kilogram.

“Selain itu, tomat juga naik Rp5 ribu per kilogram. Sebelumnya, Rp10 ribu per kilogram, sekarang pedagang menjual dengan harga Rp15 ribu per kilogram,” terangnya.

Kenaikan harga cabai merah juga berimbas terhadap menurunnya daya beli masyarakat. Asmanizar mengakui, sebelumnya ia bisa menjual sekitar 100 kilogram cabai merai per hari.

“Kalau sekarang, 50 kilogram itu sudah susah. Rata-rata masyarakat mengurangi belanja cabai mereka, begitu juga dengan pengusaha rumah makan dan lainnya,” jelasnya.

Pedagang memperkirakan, harga cabai merah dan sejumlah bahan pokok lainnya bakal terus naik. Apalagi, hari raya Idul Adha kian dekat dimana kebutuhan bahan pokok juga naik.

Exit mobile version