Pastikan Ibadah Perayaan Natal Aman, Kapolres Pasaman Barat Cek Sejumlah Gereja

Pengecekan pertama dilakukan di Gereja HKBP Jambak dan kemudian di Gereja Khatolik ST Yohannes pada Sabtu (25/12/2021). Ada sebanyak 17 gereja yang tersebar di wilayah Kabupaten Pasaman Barat.

Kepala Polisi Resor Pasaman Barat, AKBP M Aries Purwanto saat melakukan pengecekan pertama dilakukan di Gereja HKBP Jambak

Kepala Polisi Resor Pasaman Barat, AKBP M Aries Purwanto saat melakukan pengecekan pertama dilakukan di Gereja HKBP Jambak (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR, KLIKPOSITIF – Kepala Polisi Resor Pasaman Barat, AKBP M Aries Purwanto meninjau sejumlah gereja di Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar. Kedatangannya memastikan ibadah natal di gereja terlaksana dengan aman.

Pengecekan pertama dilakukan di Gereja HKBP Jambak dan kemudian di Gereja Khatolik ST Yohannes pada Sabtu (25/12/2021). Ada sebanyak 17 gereja yang tersebar di wilayah Kabupaten Pasaman Barat.

“Pemantauan yang kami lakukan hari ini di gereja dalam rangka untuk menjamin dan meyakinkan pelaksanaan ibadah bisa berjalan aman dan lancar bagi saudara kita yang beragama Nasrani” katanya.

Ia menerangkan pihaknya bersama jajaran hari ini melaksanakan pengamanan di 17 gereja yang tersebar di wilayah Kabupaten Pasaman Barat. Pihaknya juga mempertebal kekuatan personel di gereja yang jumlah jemaatnya cukup banyak.

Hal itu dilakukan agar pelaksanaan pengamanan dapat berjalan dengan aman dan tertib dengan menerapkan body system dalam pelaksanaan pengamanan ibadah natal.

“Sehingga mereka bisa lebih tenang, khusuk dan nyaman dalam melaksanakan ibadah perayaan hari natal. Kami akan terus melaksanakan patroli agar wilayah ini dapat terjamin keamanan selama menjalankan ibadah,” tegasnya.

Selain itu Aries juga menjelaskan ada perbedaan pengamanan gereja saat ini. Hal itu disebabkan perayaan natal masih di masa pandemi COVID-19. Jemaat yang datang pun dibatasi 25 persen dari kapasitas normal agar gereja tidak menjadi cluster COVID-19 yang baru.

“Kami mengimbau pihak gereja melakukan pengamanan internal saat ibadah Natal. Hal itu seperti memeriksa para jemaat dan menyiapkan Satgas COVID-19,” imbaunya.

Dalam pengecekan yang dilakukan Aries di Gereja Khatolik ST Yohannes ia juga mengapresiasi pemuda dari organisasi Karang Taruna Ophir yang ikut membantu pengamanan.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan pemuda Karang Taruna Ophir, ini merupakan wujud toleransi antar umat beragama yang kuat,” ungkapnya.

Selain memeriksa pengecekan pengamanan perayaan ibadah natal di sejumlah gereja, Aries juga menunjau kesiap siagaan personil di Pos Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang berada di Pasar Tempurung, Kecamatan Kinali.

Exit mobile version