Menilik Makna Tari ‘Manaruko Lumbung’ Karya Dosen UNP di Acara Penastani

KLIKPOSITIF – Tari Massal karya Kareografer Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph.D. dosen Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang tampil pada kegiatan pembukaan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI tahun 2023 yang berlangsung di Lanud Tabiang Padang Sumatera Barat.

Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph.D. yang didampingi Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. dan Kepala Departemen Sendratasik Dr. Syeilendra, S.Kar., M.Hum. menyampaikan bahwa Tari Massal ini bertajuk “Tari Manaruko Lumbung”.

“Meneruka adalah proses perjalanan nenek moyang suku bangsa Indonesia di berbagai pulau di Nusantara,” kata Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph.D. menjelaskan sinopsis Tari Manaruko Lumbung tersebut.

Ia mengatakan, nenek moyang datang melalui laut dan sungai kemudian naik ke daratan untuk membuka lahan untuk bertani dan beternak sebagai petani dan nelayan.

“Pada gilirannya dari meneruka kemudian mereka memproduksi hasil pertanian dan perikanan mereka yang melimpah,” tambahnya.

Menurutnya, hasil produksi tersebut mereka simpan di lumbung sebagai pertanda ketahanan pangan bagi mereka dan tari ini ditata berdasarkan sejarah pertanian dan perikanan di Nusantara dengan idiom gerak tari-tari Nusantara dengan iringan musik akulturasi Melayu Minangkabau.

Pada kesempatan itu, Dr. Syeilendra, S.Kar., M.Hum. sebagai manager produksi menyampaikan bahwa Tari massal ini diproduksi oleh Departemen Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang dengan melibatkan penari dan pemusik mahasiswa dan dosen.

Lebih lanjut Dr. Syeilendra, S.Kar., M.Hum. menyampaikan bahwa Kareografer adalah Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph.D., asisten Kareografer adalah Dra. Desfiarni, M.Hum., Venny Rosalina, M.Sn., Mia Fahmiati, M.Pd., Belirda Wulandari, M.Pd.

“Komposer musik adalah Hengky Hermez Hidayat, M.Sn., Roby Ferdian, M.Sn., dan Huswatul Hakim, M.Pd.,” tambah Dr. Syeilendra, S.Kar., M.Hum.

 

 

Exit mobile version