Jaga Kebudayaan Sumbar, DPRD Paripurnakan Penyampaian Nota Penjelasan Ranperda Kebudayaan

PADANG, KLIKPOSITIF – Dewan Perwakilan Rakayat Daerah (DPRD) Sumatera Barat lakukan rapat paripurna dalam rangka penyampaian nota penjelasan terhadap rancangan perautan daerah pelestarian dan pemajuan kebudayaan daerah, Senin, 6 Februari 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, perwakilan OPD, pimpinan dan anggota DPRD dan perwakilan OPD.

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Syafar mengatakan, Ranperda pelestarian dan pemajuan kebudayaan daerah merupakan hal penting dalam memperhatikan kerangka perencanaan pembangunan, baik pembangunan skala lokal maupun nasional.

“Kebudayaan merupakan jenis hasil pemikiran dan pengalaman hidup manusia yang kemudian di wariskan dan disimpan dalam pemikiran manusia. Wujud kebudayaan itu bisa berupa yang tampak dan tak tampak,” katanya.

Di Sumatera Barat, hasil kebudayaan dpat ditemukan dalam berbagai bentuk, baik berupa sejarah, pengetahuan, seni hingga kesenian kontemporer.

Irsyad menyebut, dalam Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Sumbar tahun 2018 menyebutkan garis besar permasalahan kebudayaan Sumbar adalah tergerusnya eksistensi kebudayaan lokal oleh perkembangan dunia hari ini.

“Maka dengan perkembangan globalisasi hari ini, maka penting bagi kita untuk membentenginya dengan baik, sehingga Ranperda inisiatif DPRD ini penting,” jelasnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengatakan, usulan Ranperda ini sangat bagus untuk menangkis tergerusnya budaya hari ini.

“Sehingga kita perlu menjaga budaya ini dengan baik untuk anak cucu kita kedepan, baik yang tampak atau tak tampak,” paparnya.

Dalam rapat paripurna juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, pimpinan dan anggota DPRD dan perwakilan OPD.

Exit mobile version