Capaian Vaksinasi Masih 54,2 Persen, Wako Riza Falepi Ajak Masyarakat Menuju Herd Immunity

Wali Kota Riza Falepi mengapresiasi jajarannya yang telah berhasil meningkatkan partisipan vaksinasi hingga akhir Oktober di angka 54,2 persen setelah sebelumnya hanya 36 persen. Hal ini dilakukannya agar Kota Payakumbuh segera mencapai Herd Immunity

Capaian Vaksinasi Masih 54,2 Persen, Wako Riza Falepi Ajak Masyarakat Menuju Herd Immunity

Capaian Vaksinasi Masih 54,2 Persen, Wako Riza Falepi Ajak Masyarakat Menuju Herd Immunity (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF – Wali Kota Riza Falepi mengapresiasi jajarannya yang telah berhasil meningkatkan partisipan vaksinasi hingga akhir Oktober di angka 54,2 persen setelah sebelumnya hanya 36 persen. Hal ini dilakukannya agar Kota Payakumbuh segera mencapai Herd Immunity

Riza Falepi saat saat memimpin apel siaga Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh bersama para asisten, staf ahli, kepala OPD, direktur BUMD, camat, lurah, dan kepala puskesmas di Halaman Balai Kota, Senin 1 November 2021 mengatakan semua pihak harus satu tekad. Tujuannya adalah untuk menuntaskan pekerjaan agar masyarakat Kota Payakumbuh dapat divaksin karena mendapat vaksin adalah hak rakyat.

“Semua PNS sudah divaksin, paling yang tidak karena ada komorbid. Sementara itu, warga di kelurahan-kelurahan masih banyak yang belum divaksin, baik karena belum sempat maupun yang masih menolak dan dari data, kita juga telah mengakomodir vaksinasi bagi warga luar daerah karena mereka beraktifitas di kota,” kata Riza.

Menurutnya vaksinasi berdoorprize atau berhadiah sejatinya bukanlah vaksinasi yang ditunggu-tunggu, tapi jangan jadikan alasan seseorang untuk mau divaksin harena hadiah. Namun dikatakannya harus dengan kesadaran mendapatkan vaksin.

“Pada bulan November ini warga ditargetkam sudah 70 persen yang tervaksin dan saya ingin menyelesaikan sisanya 16 persen ini sebelum masuk ke masa libur akhir tahun. Mulai hari ini, mari kita kuatkan tekad bersama mengejar 70 persen dalam 2 minggu ke depan dan setelahmungkin kita akan lebih fokus mencari sasaran vaksinasi secara door to door menemui warga kota ke rumah-rumah,” kata Riza.

Ia menjelaskan bahwa saat ini Kota Payakumbuh belum mencapai herd immunity karena masyarakat yang ragu harus cepat bersedia untuk divaksin. Menurutnya kalau alasannya komorbid tentu bisa diterima tetapi kalau mereka sehat tapi tidak divaksin tentu harus diajak dengan cara yang persuasif dan humanis.

“Bagi yang sudah vaksin, sampai saat ini semuanya baik-baik saja dan sampaikan kepada keluarga serta tetangga agar mau divaksin karena vaksinnya aman dan halal kok. Kemudian yang saya khawatirkan adalah terjadi lagi puncak kasus akibat pergerakan orang-orang pada hari libur karena selama ini puncak kasus di Indonesia terjadi di momentum seperti itu,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya kalau masuk bulan Desember, orang akan pulang liburan akhir tahun dari perantauan. Ia tidak mau sampai Payakumbuh ke puncak kasus seperti dulu lagi sehingga jelang akhir tahun dan tahun baru Payakumbuh sudah harus herd immunity atau capaian vaksin di atas 70 persen.

Exit mobile version