Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Sabtu Pagi

KLIKPOSITIF– Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Sumatera Barat sudah kembali buka pada Sabtu 6 Januari 2024.

Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI Padang Capt Megi Helmiadi mengungkapkan, aktivitas kembali buka pukul 06.00 WIB.

“Bismillah. BIM beroperasi kembali,” terangnya.

Ia mengatakan, meski telah dibuka, pihaknya bersama instansi terkait akan terus melakukan monitoring.

“Kami akan terus lakukan monitoring dan observasi terkait sebaran abu vulkanik dari Gunung Marapi. Sampai tadi malam, masih ada abu vulkanik di sekitar BIM,” katanya.

Namun pada pagi ini, kata Helmiadi, hasil paper test sudah negatif dan juga dari pantauan citra satelit, penerbangan sudah bisa dibuka.

Berdasarkan data Perum LPPNPI atau AirNav Indonesia, nomor B0034/24 NOTAMC B0031/24 perihal AERODROME Normal, dinyatakan BIM sudah beroperasi kembali.

Sebelumnya, Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Sumatera Barat kembali tutup sejak pukul 10.45 WIB pada Jumat 5 Januari 2024.

Hal itu terkonfirmasi langsing dari
Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang, Capt. Megi H Helmiadi.

Ia mengungkapkan, BIM kembali tutup karena terdampak abu vulkanik dari Gunung Marapi.

Sehingga karena mengingat hal tersebut, aktivitas penerbangan untuk sementara waktu kembali tutup.

Hal itu dilakukan, menurutnya untuk memastikan keselamatan penerbangan, mengingat abu vulkanik dapat membahayakan mesin pesawat.

“Sebaran abu erupsi vulkanik Gunung Marapi sampai ke BIM berdasarkan data dari VAAC Darwin dan hasil tes kertas positif di lapangan,” ujarnya dikutip Jumat.

Otoritas Bandara memerintahkan Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II BIM untuk menutup sementara hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Penumpang pesawat yang terdampak penutupan ini dapat menghubungi maskapai penerbangan masing-masing untuk informasi lebih lanjut.

Exit mobile version