Jangan Minum Teh Berlebihan, Ini Resikonya!

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF  - Teh memang menjadi salah satu minuman favorit di dunia. Kandungan alaminya membuat teh juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Meski demikian, meminum teh terlalu banyak ternyata tidak baik bagi kesehatan. Dilansir dari Boldsky, secangkir teh mengandung banyak alkali yang bisa mengganggu kesehatan lambung terutama jika meminumnya saat perut kosong. 

baca juga: Konsumsi Kacang Disebut Bisa Picu Jerawat, Ini Faktanya

Sehingga, walau dianggap sehat dan baik untuk menurunkan berat badan, minum terlalu banyak teh hitam memiliki efek buruk untuk perut sebab mampu memicu produksi asam secara berlebihan.

Menurut penelitian, minum teh terutama teh susu pada perut yang kosong justru bisa membuatmu merasa cepat lelah. Selain itu minum teh susu saat perut kosong bisa menyebabkan gangguan tinnitus.

baca juga: Ingin Tidur Tepat Waktu dan Teratur, Begini Caranya

Tidak hanya itu, minum teh yang kuat atau kental bisa memberikan efek buruk yaitu merusak lapisan lambung dan menyebabkan kenaikan asam lambung.

Terakhir, anda juga disarankan agar tidak minum teh setelah makan di sore hari. Sebab kandungan tanin di dalam teh akan langsung bereaksi dengan zat besi di dalam makanan yang dikonsumsi sebelumnya dan membuat kesehatan tubuh menurun.

baca juga: Anda Sering Merasa Pusing Saat Berolahraga, Ini Sejumlah Penyebabnya

Penulis: Elvia Mawarni