Kenali Kondisi yang Bisa Menyebabkan Sakit Dada Sebelah Kanan

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Sakit dada sebelah kanan bisa berkaitan dengan serangan jantung . Meskipun dilansir dari Alodokter, serangan jantung biasanya terada pada dada sebelah kiri.

Selain serangan jantung , rasa nyeri pada dada sebelah kanan juga berkaitan dengan beberapa penyakit, terutama pada orang lanjut usia. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan dada sebelah kanan, antara lain:

baca juga: Israel dan AS Laporkan Kasus Flurona, Apakah Lebih Bahaya dari Covid-19 atau Flu?

1. Gangguan jantung

Gangguan jantung bukan satu-satunya penyebab sakit dada sebelah kanan , tetapi tetap bisa menjadi pencetusnya. Beberapa jenis gangguan jantung , seperti serangan jantung , penyakit jantung coroner, pericarditis, kariomiopati hipertrofi atau penebalan otot jantung , angin dan diseksi aorta.

baca juga: Apa yang Menyebabkan Kram Setelah Latihan Berat dan Kapan Harus ke Dokter?

2. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan juga bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan , karena penyakit asam lambung, radang pankreas, hernia hiatal dan tukak lambung.

baca juga: Austria Bujuk Masyarakat dengan Lotere Sebagai Insentif Vaksin COVID-19

3. Gangguan paru-paru

Masalah paru juga bisa menjadi penyebab sakit dada bagian kanan. Gangguan paru-paru bisa berupa pneumonia atau infeksi jaringan paru, radang selaput paru, emboli paru, pneumothorax, hipertensi paru, asma, dan penyakit paru obstruktif kronis.

baca juga: 5 Manfaat Vitamin B3 Untuk Kulit Anda

4. Stres

Stres juga bisa menimbulkan serangan panik yang mirip serangan jantung . Kondisi ini bisa muncul mendadak karena kejadian traumatis dalam hidup dan menyebabkan sakit dada sebelah kanan .

5. Peradangan hati

Peradangan hati juga salah satu masalah kesehatan yang memicu sakit dada sebelah kanan . Karena, posisi organ hati berdekatan dengan dinding rongga dada kanan yang menyebabkan dada bagian kanan akan terasa sakit.

6. Cedera bagian dada

Cedera pada tulang, otot, dan saraf di dada juga bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan . Karena, tulang iga kanan yang patah akibat cedera bisa memicu sakit dada sebelah kanan , terutama ketika batuk dan bernapas.

7. Otot tegang

Aktivitas fisik yang menyebabkan otot tegang bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan . Rasa sakit ini bisa berasal dari nyeri otot dan memburuk ketika otot dada sebelah kanan digerakkan.

Editor: Eko Fajri