iPhone 13 Dibongkar, Fitur Face ID Akan Rusak Jika Layar Diganti

iPhone 13
iPhone 13 (net)

KLIKPOSITIF - Sejak iPhone 13 resmi diluncurkan, sejumlah teknisi dan Apple Fanboy telah melakukan teardown atau membongkar iPhone 13 series dan menemukan beragam hal menarik.

Dilansir dari siaran YouTube Phone Repair Guru yang membongkar layar iPhone 13 series dan mengungkap masalah penting yaitu di Face ID. Mereka menemukan layar sebuah iPhone 13 Pro yang ditukar dengan iPhone 13 Pro lain akan menyebabkan fitur Face ID rusak atau tidak dapat digunakan.

baca juga: Hadirkan Lagi Fitur Baru, Pengguna Kini Bisa Bikin Sticker di WhatApp

Kanal YouTube ini juga mengungkap bahwa deretan kabel sensor di kamera depan tidak menyimpan data Face ID yang terhubung ke mesin. Dia mencoba menukar kabel berisi mikrofon, ambient light sensor dan proximity sensor dari iPhone 13 Pro pertama ke kedua, namun tidak dengan layarnya. Hasilnya adalah Face ID tetap berjalan dengan normal.

Namun saat layar yang ditukar, Face ID di kedua perangkat tersebut tidak dapat digunakan alias error. Apple sebetulnya pernah memberikan catatan mengenai Face ID yang tidak dapat digunakan jika layar diganti.

baca juga: Instagram Perbarui Fitur Instagram Music, Bakal Bisa Digunakan untuk Feed

Menurut Apple , layar iPhone harus diganti di Apple Store, Apple Authorized Service Providers atau Independent Repair Providers untuk mendapatkan aksesoris original dan menjamin fitur Face ID dan lainnya dapat berjalan secara normal. Selain baterai, tahun lalu Apple juga mengunci hardware kamera di iPhone 12 series yang tidak dapat ditukar dan akan memberikan pesan peringatan bahwa bagian kamera bukan original.

Editor: Ramadhani