Mengenal Macam-macam Tipe Humidifier, Lengkap Cara Memilih yang Terbaik

Ilustrasi Humidifier
Ilustrasi Humidifier (Net)
KLIKPOSITIF

- Humidifier merupakan salah satu alat rumah tangga yang belakangan ini naik popularitasnya. Cara kerjanya sendiri adalah menyemprotkan uap ke udara. Kegunaanya adalah menjaga kelembaban udara tetap stabil. Tidak hanya itu saja, humidifier juga memberikan banyak manfaat kesehatan . Mulai dari mengatasi iritasi, melembabkan kulit dan bibir pecah-pecah, sampai dengan meredakan flu batuk.

Dengan berbagai manfaatnya yang banyak itulah, sekarang ini sudah banyak tersedia berbagai tipe humidifier . Bagi Anda yang berencana membeli produk satu ini, yuk ketahui berbagai tipenya lalu akan dijelaskan cara-cara memilih humidifier terbaik.

Humidifier Tipe Steam

Tipe pertama adalah steam yang banyak sekali ditemukan di Indonesia. Ini banyak tersedia di berbagai rumah tangga atau area perkantoran. Sistem kerja dari jenis satu ini adalah mensterilisasi air menjadi uap. Nantinya uap akan menyembur ke luar membuat udara jadi lebih hangat. Sangat cocok digunakan saat cuaca sedang dingin.

baca juga: Ini Alasan Perlunya Cuti dari Pekerjaan Bagi Setiap Orang

Jika berada di rumah, usahakan untuk meletakkannya di tempat yang susah dijangkau anak-anak. Atau bahasa mudahnya, jauhkan dari jangkauan anak-anak. Karena uap yang keluar dari humidifier ini cukup panas dan bisa menyebabkan luka. Apalagi bentuk dari humidifier ini seringkali cantik dan menggemaskan, membuat anak-anak senang untuk memainkannya.

Humidifier Tipe Evaporasi

Ada tipe evaporasi yang dapat menghembuskan kelembaban dari filter yang bisa berupa saringan atau kain basah. Tidak hanya membuat ruangan jadi lebih stabil, namun sekaligus menurunkan suhu ruang 5-10 derajat Celcius.

Dalam penjelasan yang lebih mudahnya, sistem kerja humidifier tipe evaporasi ini adalah seperti mengipasi handuk basah. Sehingga air yang ada di dalam handuk tersebut menyebar ke ruangan.

baca juga: Banyak yang Tidak Sadar, Ini Efek Samping Organisme Secara Psikologis dan Fisiologis

Karena seringkali suhu udara yang dihasilkan berlebihan, tipe humidifier satu ini kurang bagus bagi penderita asma. Kelemahan lainnya, perlu perawatan terhadap filter supaya alat bisa digunakan dengan baik.

Humidifier Tipe Ultrasonic

Selanjutnya yang sudah mulai banyak di Tanah Air adalah humidifier tipe ultrasonic. Cara kerjanya sendiri adalah mengubah air menjadi uap dengan menggunakan gelombang ultrasonic. Selain itu cara kerja dari tipe ini bisa dibilang lebih tenang dibandingkan versi evaporasi yang masih menggunakan baling-baling di dalamnya.

Lalu untuk harganya sendiri, tipe ultrasonik ini jauh lebih mahal dari versi yang sebelum-sebelumnya. Namun memang mudah dalam hal perawatan dan praktis. Ada satu kelemahan yang jadi pertimbangan, yakni tipe satu ini dapat membuat bakteri atau kuman berkembang biak di airnya. Lebih amannya, pilih versi yang lengkap dengan sterilisasi.

baca juga: Pele Dirawat di Rumah Sakit, Begini Kondisinya

Bentuk humidifier tipe satu ini kebanyakan adalah tabung air mata. Nantinya uap akan keluar dari moncong kecil di bagian atas. Sementara ukurannya beragam, ada yang kecil dan besar. Fitur-fitur yang ditawarkan banyak, mulai dari aromaterapi, lampu LED, jam yang ditanam, dan lain sebagainya.

Humidifier Tipe Hibrida

Tidak boleh ditinggalkan adalah humidifier tipe hibrida. Ini merupakan humidifier tipe gabungan. Bisa dari tipe steam dan evaporasi, ultrasonic dan steam, dan masih banyak lagi lainnya. Karena merupakan gabungan dari dua tipe humidifier, akan bisa melengkapi kekurangan masing-masing tipe yang dipadukan.

Karena memang mengusung teknologi yang lebih tinggi kali, humidifier satu ini juga dipatok dengan harga yang jauh lebih mahal lagi.

Humidifier Tipe Impeller

Humidifier tipe satu ini juga cukup jarang ada di Tanah Air. Cara kerjanya adalah dengan memutar disk atau piringan yang berjalan dengan kecepatan penuh nantinya menyemburkan uap air. Namun uap air yang dikeluarkan cenderung dingin, jadi akan sangat nyaman saat cuaca sedang panas-panasnya.

baca juga: Pemainnya Banyak yang Terserang Covid-19, Conte: Situasinya Serius

Kelebihan yang ditawarkan oleh humidifier ini adalah cukup hemat dengan listrik. Karena mengeluarkan suhu yang dingin, tidak akan berbahaya saat terkena tangan atau tubuh. Namun jenis ini tidak ada penyaringan bakteri, sehingga jika tidak disterilisasi bisa menyebar ke seluruh ruangan.

Tips Memilih Humidifier

Sudah tahu ya berbagai tipe dari humidifier, namun meski begitu jangan asal-asalan saat membeli ya. Ada 3 tips utama yang perlu untuk Anda lakukan supaya mendapatkan barang yang sesuai dengan kebutuhan.

Tips pertama carilah humidifier sesuai dengan ruangan yang dimiliki. Jika memiliki ruangan yang luas, carilah produk yang besar. Sebaliknya, jika ruangannya sempit, carilah humidifier yang kecil. Karena jika Anda membeli humidifier besar untuk ruangan kecil, bisa saja memicu pertumbuhan jamur, bakteri, atau masalah lain.

Tips kedua, pilihlah humidifier tergantung dengan cuaca di sekitar. Jika cuaca cenderung dingin, pilihlah tipe uap. Sementara jika cuaca cenderung panas, bisa beli yang tipe cool mist atau dingin. Jika memiliki budget berlebih, Anda bisa membeli keduanya ya.

Tips ketiga, jangan lupa untuk mencari fitur tambahan yang ditawarkan oleh humidifier. Dengan berkembangnya teknologi dan persaingan yang ketat, vendor humidifier seakan berlomba-lomba untuk menyajikan produk terbaiknya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan berbagai fitur tambahan ke humidifier. Coba carilah humidifier yang dilengkapi fitur tambahan sesuai kebutuhan.

Itulah berbagai tipe humidifier dan lengkap dengan tips memilihnya. Jika Anda sudah memutuskan untuk membeli tipe yang mana atau bahkan masih sangat bingung, bisa melihat berbagai rekomendasinya di Blibli. Berbagai merek humidifier ditawarkan, lengkap dengan berbagai fitur unggulannya. Harganya juga sangat bersaing, jadi segera tentukan pilihan Anda.(*)

Editor: Ocky Anugrah Mahesa