Audiensi, Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumbar Datangi Kota Solok

Bunda PAUD Kota Solok, Hj. Zulmiyetti Zul Elfian menerima kunjungan Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumbar
Bunda PAUD Kota Solok, Hj. Zulmiyetti Zul Elfian menerima kunjungan Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumbar (Ist)

Solok Kota, Klikpositif - Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Sumatera Barat, Dr. Wisman Endrimon mengunjungi Kota Solok , Kamis (23/9/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka audiensi pelaksanaan pendidikan PAUD di Kota Solok , pengembangan PAUD holistik integratif yang berkualitas, menekan angka stunting, dan meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) PAUD.

baca juga: Pertandingkan 9 Cabang, Porsadin ke-V Kota Solok Diikuti 1.500 Santri

Kedatangan Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) itu diterima Bunda PAUD Kota Solok , Hj. Zulmiyetti Zul Elfian Umar di kediaman dinas Wali Kota Solok .

Dalam kesempatan itu, Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Sumatra Barat, Dr. Wisman Endrimon mengatakan, PAUD merupakan satuan pendidikan yang sangat penting dalam menyiapkan generasi penerus yang kreatif dan berdaya saing.

baca juga: Bangun Sinergi, Wartawan Kota Solok Ikuti Bimtek Bersama Diskominfo

"Daerah harus memperbanyak jumlah siswa PAUD karena merupakan PAUD TK non formal yang mengajarkan dasar pendidikan kepada anak,"tuturnya.

Dalam audiensi itu, Hj. Zulmiyetti Zul Elfian Umar menyampaikan, berbagai pihak, terutama Pemko Solok dan DPRD selalu memberikan dukungan terhadap berbagai program dan kegiatan pengembangan PAUD.

baca juga: Kisah Nofriyon, Qori Terbaik Tilawah Dewasa MTQN Sumbar 2021

"Insentif guru dan Pengelola PAUD sudah dinaikkan, pengadaan pakaian untuk Guru PAUD, memfasilitasi penganggaran dalam DPA Dinas Pendidikan dan banyak lainnya," Kata Zulmiyetti.

Terkait penanganan stunting, dijelaskannya, salah satu upaya mencegah meningkatnya angka stunting di Kota Solok dengan menggalakkan program Gemar Memakan Ikan (Gemarikan) yang mana sasarannya adalah anak PAUD.

baca juga: Perkuat Kapasitas, Pengurus TP-PKK Kota Solok Ikuti Outbond

Menurutnya, ikan merupakan sumber protein hewani yang cukup terjangkau oleh semua kalangan, selain itu nilai protein yang terkandung didalamnya sangat dibutuhkan untuk perkembangan anak.

"Kami selalu lakukan sosialisasikan gemar makan ikan sejak dini kepada anak- anak PAUD di Kota Solok , harapannya, kebutuhan gizi dan protein anak bisa terkucupi dan terhindar dari stunting," ungkapnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi saran dan pembinaan yang diberikan Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Dimas Provinsi Sumatra Barat, demi terciptanya generasi penerus yang lebih kreatif dan berdaya saing.

Editor: Syafriadi