Banyak Sampah Berserakan di Sungai, DLH Padang: Kepedulian Masyarakat Masih Kurang

.
. (Net)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kota Padang menyatakan untuk penanganan sampah diperlukan kepedulian masyarakat. Karena, Pemerintah saja tidak cukup untuk penanganan sampah tersebut.

"Peran serta seluruh unsur sangat kita harapkan agar dapat meningkatkan upaya pengelolaan sampah baik untuk penanganan maupun pengurangan sampah di Kota Padang ," kata Kepala DLH Kota Padang , Mairizon.

baca juga: Pemkab Pessel Usulkan Pembangunan Jalan Poros di KTM Lunang Silaut Melalui Dana TP Pusat

Ia menilai, sampah yang berserakan di sungai dan pantai yang ada di Kota Padang karena masih kurangnya kepedulian masyarakat. Kaena masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah ke sungai.

Pihaknya mengklaim telah banyak melakukan berbagai upaya agar sungai dan pantai tidak tercemar oleh sampah . Tetapi, sampai saat ini keadaan itu masih belum membaik.

baca juga: Padangpanjang Masuk Kategori Kota dengan Pendapatan APBD Tertinggi, Payakumbuh Realisasi Belanja Tertinggi

"Kondisi saat ini masih kita temui adanya sampah yang berserakan di bibir pantai maupun seputar pantai secara keseluruhan. Oleh karena itu, dibutuhkan kepedulian masyarakat terhadap permasalahan sampah ini," tutupnya.

Ia mengatakan, jika hanya mengandalkan pemerintah saja, saat ini pihaknya masih keterbatasan sarana dan prasarana untuk mengatasi sampah yang menumpuk di pantai dan sungai.

baca juga: Wapres: Penerapan Harus Konsisten, Ini Daftar Penerima Anugerah Meritokrasi KASN Tahun 2021

"Sampai saat ini, untuk penanganan sampah di sepanjang Pantai Padang , kami hanya memiliki sebanyak 5 unit kontainer, 12 unit tempat sampah terpilah di sekitar Muaro Lasak dan 3 kapal pengumpul sampah yang merupakan bantuan CSR," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri