Kontrol Kadar Kolesterol dengan Konsumsi Minuman yang Mudah Didapatkan Ini

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Peningkatan kadar kolesterol jahat atau LDL dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam arteri yang menyebabkan penyumbatan aliran darah ke jantung .

Kadar kolesterol dapat dijaga dengan meningkatkan asupan serat, mengurangi lemak jenuh, menambahkan makanan nabati, makan lebih sedikit makanan olahan dan mengurangi lemak trans dalam makanan.

baca juga: Buah Baik untuk Kesehatan, Tapi Berlebihan Juga Bisa Membawa Akibat Buruk

Studi terbaru melaporkan bahwa kadar kolesterol tinggi ditemukan di hampir 25 hingga 30 persen dari populasi perkotaan dan hampir 15 20 persen dari populasi pedesaan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

Minuman yang Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

baca juga: Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

Melansir dari Times of India, Bipin Kumar Dubey, HOD Dan Konsultan, Ilmu Jantung , Rumah Sakit Manipal HCMCT, Dwarka, New Delhi menyarankan beberapa minuman berikut untuk mengontrol kadar kolesterol , antara lain:

1. Teh hijau

baca juga: Anda Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Kenali Kondisi Ini

Teh hijau adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Asupan ini mengandung katekin dan epigallocatechin gallate.

Minum teh hijau membantu menurunkan LDL dan kadar kolesterol total. Teh hitam memiliki katekin lebih rendah daripada varian hijau.

baca juga: Kembali Selidiki Asal Usul Virus Corona Hingga Jadi Pandemi, WHO Bentuk Tim SAGO

2. Jus tomat

Tomat memiliki jumlah likopen yang baik, yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi kerusakan sel. Hal yang menarik dari tomat adalah pengolahannya dapat membantu meningkatkan kandungan likopen di dalamnya.

Tomat juga mengandung niasin dan serat penurun kolesterol . Sebuah penelitian menunjukkan 280ml per hari selama 2 bulan secara signifikan meningkatkan kadar kolesterol .

3. Susu kedelai

Susu kedelai mengandung kadar lemak jenuh yang rendah. Mengganti krimer biasa dan susu tinggi lemak dengan susu kedelai dapat membantu dalam pengelolaan kolesterol .

Editor: Eko Fajri