Ini Lho, Tips Staycation saat Pandemi!

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay.com)

Masa pandemi membuat tingkat kejenuhan meningkat. Apakah Anda juga merasakannya? Tentu Anda dan keluarga sudah rindu untuk berlibur. Namun, kerinduan akan jalan-jalan harus ditahan, karena Anda harus memperhatikan kesehatan. Sehingga pilihan berlibur yang paling memungkinkan dan bisa dipastikan keamanannya adalahstaycation.

Sebenarnya, apa artistaycationitu? Berikut ini akan kita bahas hal yang terkait denganstaycationsaat pandemi . Sebelum itu, pahami dulu apa pengertian daristaycation.

baca juga: Collaboration, Fitur Baru Instagram untuk Kerja Sama Pengguna

Apa Itu Staycation ?

Kata liburan identik dengan mengunjungi tempat wisata atau pusat keramaian lainnya. Namun, saat pandemi seperti sekarang, pemerintah pun mengeluarkan larangan keras untuk melakukan perjalanan liburan. Salah satu pilihan yang bisa dilakukan adalahstaycation.

baca juga: Kinerja CPU Apple 2021 Terbukti 3 Kali Lebih Cepat dari CPU Tahun Lalu

Katastaycationberasal dari gabungan dua kata, yaitustaydanvacation. Staycation bisa juga diartikan liburan dengan tetap tinggal di hotel atau penginapan. Anda dan keluarga bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan hotel atau penginapan, atau sekadar menikmati suasana yang berbeda di sekitarnya.

Apa Manfaat Staycation ?

baca juga: Xbox dan PlayStation Akan Dilengkapi Apple Music

Apakah Anda sempat berpikir apa enaknya cuma tiduran di hotel? Bukankah sama saja seperti tidur di rumah? Ternyatastaycationmemiliki banyak manfaat seperti berikut ini.

1. Membuat Pikiran Menjadi Lebih Tenang

baca juga: Peforma Macbook Pro 2021 Makin Tinggi, Harganya Tembus Rp 50 Juta

Staycation menjadi cara berlibur terbaru dengan menikmati suasana baru yang membuat pikiran lebih tenang danfresh. Aktivitas yang sama dan berulang memang kadang menyebabkan rasa jenuh. Staycation bisa menjadi jalan mengurai kejenuhan. Nikmati saja fasilitas yang disediakan hotel atau penginapan.

2. Membangkitkan Semangat

Pikiran yang jenuh, lelah, dan penat bisa membuat semangat kerja menurun bahkan sampai ke titik terendah. Jika sudah demikian, kinerja Anda pun akan terpengaruh. Staycation bisa jadi pilihan untuk menghilangkan rasa jenuh dan menyegarkan pikiran. Setelah pikiran menjadi tenang dan lebihfresh, semangat kerja akan kembali bangkit. Ini akan membuat kinerja Anda pun makin bagus.

3. Lebih Hemat

Staycation tidak mengharuskan Anda memesan tiket untuk bepergian, tidak harus memikirkan lokasi wisata yang akan dituju, dan menghemat pengeluaran tentu saja. Cukup nikmati saja fasilitas yang diberikan hotel dan menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta di sini.

4. Mempererat Hubungan Antar Anggota Keluarga

Saat menikmatistaycation, bangun komunikasi dengan anggota keluarga yang lain, yang mungkin terlupakan selama Anda sibuk bekerja. Kesibukan masing-masing anggota keluarga membuat waktu bersama menjadi makin sedikit. Staycation bisa memberikan ruang bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Hal ini akan mempererat hubungan dengan seisi rumah atau keluarga lain.

7 Tips Staycation Saat Pandemi

Perlu diingat bahwa saat pandemi seperti sekarang, banyak hal yang harus dipersiapkan selama melakukanstaycation. Berikut ini adalah panduanstaycationsaat pandemi yang bisa Anda dan keluarga terapkan.

1. Pastikan Kondisi Tubuh Sedang Fit

Sebelum melakukan perjalanan untukstaycation, pastikan tubuh Anda dan seluruh anggota keluarga dalam keadaan benar-benar fit. Tidak ada gejala-gejala akan sakit, seperti flu, badan meriang, dan lain sebagainya. Bila perlu, perbanyak vitamin sebelum melakukanstaycationsaat pandemi . Siapkan juga kotak obat untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Bawa Perbekalan Lengkap

Jangan tinggalkan perbekalan wajib selama masa pandemi . Hand sanitizer, tisu basah, hingga semprotan desinfektan. Semprotkan desinfektan ke seluruh ruangan, handle pintu, atau koper yang dibawakan olehbell boy. Ini untuk menjaga kebersihan barang bawaan Anda. Jangan lupa tetap rajin mencuci tangan setiap selesai beraktivitas di luar ruangan ketika Anda dan keluarga keluar kamar.

3. Protokol Kesehatan

Pastikan penginapan atau hotel yang Anda tuju menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Perhatikan juga apakah hotel tersebut menerapkan jumlah pengunjung maksimal selama masa pandemi .

4. Tetap Patuhi Protokol

Sebagai pengunjung pun Anda harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Jangan lupakan masker, tetap jaga kesehatan dan kebersihan, dan usahakan tidak bepergian ke tempat wisata walau lokasinya dekat dengan hotel tempat Anda menginap.

5. Sirkulasi Udara Bagus

Pilih hotel yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Pastikan kamar tersebut memiliki jendela yang bisa dibuka. Anda bisa melihatnya di situs resmi hotel yang akan dituju. Biasanya, di situs tersebut akan ditampilkan kamar-kamar yang siap dikunjungi.

6. Bawa Peralatan Makan Sendiri

Anda bebas membawa peralatan makan sendiri. Pilih hotel yang menerima pesanan layan antar makanan ke kamar. Usahakan untuk meminta makanan dikirim ke kamar jika Anda memesan di restoran hotel.

7. Pilih Hotel di Zona Aman

Tidak hanya memastikan diri sendiri dan keluarga sudah aman dari Covid-19. Tentu saja Anda juga harus memilih hotel atau penginapan yang ada di zona aman dari virus ini. Perhatikan lokasi hotel atau penginapan, apa berada di zona merah, orange, atau hijau. Pilihlah tempat yang aman dan jumlah kejadian terpapar virusnya rendah. Hal ini untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga Anda.

Bagi Anda yang ingin melakukan aktivitasstaycation, dan masih harus terhubung dengan pekerjaan di kantor, salah satu 'teman' yang wajib dibawa adalah Lenovo Yoga. Anda bisa membeli produk andalan Lenovo ini melalui Blibli.

Blibli adalahmarketplaceterlengkap, termurah, dan terpercaya yang bisa memenuhi semua kebutuhan Anda dan keluarga. Tidak hanya kebutuhan sehari-hari, kebutuhan elektronik pun bisa dibeli di sini. Termasuk laptop yang mendukung pekerjaan Anda. Harganya pun bisa dibandingkan denganmarketplacelain.

Menghabiskan waktu sejenak bersama keluarga tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Staycation saat pandemi seperti bisa menjadi pilihan menikmati liburan melepas kejenuhan dan penat. Selalu ingat untuk terus menerapkan protokol kesehatan, ya! Jangan sampai pulangstaycation, tubuh malah terserang penyakit! Selamat menyegarkan pikiran.

Editor: Ramadhani