Air Kelapa Dapat Bantu Atasi Diare, Begini Fungsinya

air kelapa
air kelapa (net)

KLIKPOSITIF - Dehidrasi termasuk efek samping diare yang paling berbahaya. Terutama pada bayi, anak kecil, dan lansia, hal ini dapat menimbulkan komplikasi yang serius.

Dehidrasi dapat menimbulkan gejala seperti mulut dan kulit yang kering, urine yang berwarna lebih gelap, serta pusing. Ketika terus dibiarkan, maka dehidrasi akan berdampak fatal, mulai dari pingsan sampai mengalami syok. Sangat penting untuk minum banyak cairan selama penyembuhan untuk memenuhi kebutuhan cairan yang hilang.

baca juga: Buah Baik untuk Kesehatan, Tapi Berlebihan Juga Bisa Membawa Akibat Buruk

Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit seperti air kelapa. Air kelapa sebenarnya sudah sering menjadi andalan untuk mencegah dehidrasi pada anak-anak yang terkena diare. Elektrolit yang terkandung dalam air kelapa meliputi kalium, natrium, dan mangan. Kadar ketiganya dapat berbeda-beda pada setiap buah kelapa, bergantung dengan tingkat kematangan buahnya.

Mineral kalium penting untuk tubuh karena befungsi menghantarkan "listrik" yang nantinya akan digunakan untuk mengelola berbagai fungsi organ tubuh, seperti pengendali keseimbangan cairan dan kontraksi otot.

baca juga: Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

Saat diare, Anda kehilangan mineral ini dalam jumlah yang cukup besar. Karena inilah Anda cenderung akan merasa lemas selama mengalami mencret. Minum air kelapa akan bantu mengisi kembali kadar kalium yang hilang. Natrium juga bisa membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh serta membantu impuls saraf yang berperan dalam komunikasi saraf dengan organ tubuh lain.

Sedangkan, mineral mangan berfungsi sebagai pembentuk enzim, jaringan ikat, tulang, serta bantu proses pembekuan darah. Mineral ini akan membantu proses penyerapan kalsium dan mengatur gula darah.

baca juga: Anda Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Kenali Kondisi Ini

Untuk pilihan air kelapanya sendiri, pilihan yang terbaik memang air kelapa murni yang didapatkan langsung dari buahnya. Minuman kelapa kemasan juga bisa menjadi alternatif, asalkan Anda memilih produk yang tidak atau hanya sedikit ditambahkan gula.

Meski bisa membantu cegah dehidrasi, Anda sebaiknya tidak terlalu bergantung dengan air kelapa, apalagi jika diare disebabkan oleh bakteri.

baca juga: Kembali Selidiki Asal Usul Virus Corona Hingga Jadi Pandemi, WHO Bentuk Tim SAGO

Terdapat beberapa laporan yang menunjukkan bahwa penggunaan air kelapa melalui infus untuk menggantikan cairan bisa menjadi efektif. Namun, air kelapa tidak akan berpengaruh banyak pada mereka yang telanjur mengalami diare parah.

Selain itu, sebagian besar penelitian juga menemukan bahwa sebenarnya air kelapa masih kurang efektif untuk mengatasi dehidrasi akibat diare daripada air putih.

Maka dari itu, air kelapa sebaiknya Anda gunakan untuk pencegahan dehidrasi saja. Bila diare Anda tak kunjung sembuh berhari-hari, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan diare yang tepat.

Editor: Ramadhani