Jelang Akhir Juli, IHSG Bergerak Melemah

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) pada Rabu 28 Juli 2021 mengalami penurunan. IHSG turun tipis ke posisi 6.094 dibandingkan pada penutupan perdagangan kemarin di posisi 6.097.

Dilansir dari data RTI, Rabu (28/7/2021), IHSG diawal pra perdagangan dibuka turun 2,5 basis poin atau melemah 0,04 persen. Setelah dibuka tepat pukul 09:00 laju IHSG justru balik arah dengan naik ke level 6.104 dengan menguat 7,6 basis poin atau 0,13 persen.

baca juga: Krisis Energi Global, Industri Migas Masih jadi Penggerak Ekonomi Global

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka ikutan melemah tipis, pada awal pra perdagangan indeks ini terkoreksi sebesar 0,9 basis poin atau melemah 0,11 persen ke level 836.

Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 6,6 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 26 miliar dan volume transaksi mencapai 2,1 ribu kali. Sebanyak 177 saham menguat, 46 saham melemah dan 197 saham belum ditransaksikan.

baca juga: BI: Rp 710 Miliar Modal Asing Masuk Pada Pekan Ketiga Oktober

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pergerakan IHSG hingga saat ini terlihat masih belum akan keluar dari rentang konsolidasinya. Namun, William mengatakan, jika IHSG mampu dipertahankan di atas resisten maka IHSG berpeluang untuk melanjutkan pola uptrend atau kenaikan jangka pendeknya.

"Selain itu mulai rilisnya beberapa kinerja emiten di semester I akan turut mewarnai pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang, hari ini IHSG masih berpotensi terkonsolidasi," kata William dalam analisanya.

baca juga: Banyak Faktor Pengaruhi Pemulihan Ekonomi Global, Menkeu: Salah Satunya Vaksinasi dan Dukungan Fiskal

Menurut William secara teknikal IHSG akan bergerak di rentang konsolidasi di level 5.913-6.123.

Editor: Ramadhani