Terus Melonjak, Kasus Positif COVID-19 di Payakumbuh Bertambah 23 Kasus

Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh dr. Bakhrizal umumkan 23 kasus terkonfirmasi positif pada Jumat 23 Juli 2021
Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh dr. Bakhrizal umumkan 23 kasus terkonfirmasi positif pada Jumat 23 Juli 2021 (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Kasus COVID-19 di Kota Payakumbuh terus melonjak dalam beberapa hari terakhir. Tercatat sebanyak 23 kasus positif terjadi pada Jumat 23 Juli 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh dr. Bakhrizal mengatakan penambahan kasus ini berasal dari tracking yang terus dilakukan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh beberapa hari yang lalu kepada riwayat kontak masyarakat yang dinyatakan positif. Sedangkan untuk yang bebas isolasi tercatat sebanyak 14 orang.

baca juga: Andre Rosiade Usulkan Solusi Vaksin untuk Jamaah Umroh Indonesia

"Sehingga sampai hari ini data untuk Kota Payakumbuh didapati sebanyak 117 orang isolasi mandiri dirumah dan 24 orang dirawat di rumah sakit.

Dokter Bek menambahkan bahwa sesuai arahan dari Wali Kota Payakumbuh agar mempercepat proses vaksinasi untuk masyarakat Kota Payakumbuh . Ia mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan Mega Gebyar Vaksinasi Yang digelar Pemko Payakumbuh ditiga titik yaitu Balai Kota Payakumbuh , Kantor Camat Payakumbuh Barat dan Kantor Camat Payakumbuh Utara.

baca juga: Pramuka Diminta Fokus Sukseskan Vaksinasi dan Lawan Hoaks

"Hari ini kembali terjadi penambahan kasus positif yang sangat tinggi, dan Pak Wali Kota kembali menginstruksikan untuk mempercepat pemberian vaksin untuk masyarakat Payakumbuh. Kemudian setelah program Mega Gebyar Vaksinasi ini selesai maka masyarakat kembali dapat melakukan vaksinasi di Puskesmas terdekat," ujarnya.

Ia menjelaskan bagi masyarakat yang belum vaksin bisa datang ke salah satu tempat digelarnya Mega Gebyar Vaksinasi tersebut. Persyaratannya cukup dengan membawa KTP elektronik atau KK Kota Payakumbuh .

baca juga: Gebyar Vaksin, Cara Kota Solok Wujudkan Herd Immunity

"Tujuan percepatan vaksin ini supaya 75 persen masyarakat Kota Payakumbuh bisa mendapatkan vaksin agar herd immunity itu bisa terbentuk dan masyarakat yang komorbid bisa ikut terlindungi. Ini semua supaya kegiatan bisa berjalan normal kembali dan sekolah tatap muka bisa dimulai kembali," katanya.

Pihaknya mengimbau bagi masyarakat yang belum divaksin segeralah untuk divaksin. Kemudian mengajak masyarakat jangan mudah terpengaruh dan terpancing oleh berita hoaks yang ujung-ujungnya akan merugikan diri kita sendiri.

baca juga: Arteria Dahlan Apresiasi Kapolres dan Bupati Pessel Kejar Target Vaksinasi

"Untuk laporan data Covid-19 Kota Payakumbuh sampai hari ini adalah sebanyak 1.828 kasus terkonfirmasi, sembuh 1.649 kasus, isolasi 117, dirawat 24 dan meninggal 24 orang. Kemudian untuk total dilakukannya swab kepada masyarakat adalah sebanyak 19.199 orang," ujar Dokter Bek.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah