Polres Pasbar Tilang 363 Pengendara Selama Operasi Zebra

Operasi Zebra yang dilaksanakan Polres Pasbar beberapa hari lalu
Operasi Zebra yang dilaksanakan Polres Pasbar beberapa hari lalu (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF --Selama pelaksanaan Operasi Zebra di kawasan hukum Polres Pasaman Barat ( Pasbar ) yang dilaksanakan mulai tanggal 16 hingga 29 November 2016, Satlantas Polres Pasaman Barat mengeluarkan surat tilang sebanyak 363 berkas, yang mayoritasnya diberikan kepada pengendara roda dua.

Dari 363 berkas penilangan tersebut, 338 berkas diantaranya diberikan kepada pengendara roda dua, 10 berkas kepada pengemudi mobil penumpang, 11 berkas kepada pengemudi mobil barang, dan sisanya diberikan kepada kendaraan khusus.

baca juga: Beberapa Kali Mutasi dan Rotasi Sejumlah Pejabat, Bupati Pasbar: Tidak Ada Tekanan Politik

Kasat Lantas Pasaman Barat IPTU Avani Erliansyah mengatakan, pelanggaran bagi pengendara sepeda motor diantaranya tidak membawa atau tidak mengenakan helm, tidak melengkapi surat-surat kendaraan, serta tidak mematuhi peraturan lalu lintas.

Banyaknya pelanggaran itu membuat Avani Erliansyah mengimbau kepada pengendara roda dua dan roda empat, untuk melengkapi dan membawa seluruh surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK sebelum melakukan perjalanan atau berkendaraan.

baca juga: Dua Dekade, Ketua DPC Pasbar Sebut Demokrat Konsisten Perjuangkan Kepentingan Rakyat

Selain itu, ia juga mengimbau kepada pengendara roda dua dan roda empat untuk menggunakan perlengkapan yang standar, seperti menggunakan helm berstandar SNI, menggunakan kaca spion standar, tidak memasang knalpot racing, dan sebagainya.

Sedangkan bagi orang tua yang punya anak yang masih duduk di bangku sekolah diimbau untuk tidak memberikan kendaraan kepada anaknya, karena saat ini pemkab Pasaman Barat telah menyediakan Bus Sekolah gratis.

baca juga: Sungguh Tega, Kakek di Pasbar Hamili Cucu Tiri yang Masih Pelajar

[Buyung]

Penulis: Iwan R