Wali Kota Riza Falepi Buka Turnamen Skateboard di Skatepark Batang Agam

Wali Kota Riza Falepi Buka Turnamen Skateboard di Skatepark Batang Agam dan serahkan SK KIS Kota Payakumbuh
Wali Kota Riza Falepi Buka Turnamen Skateboard di Skatepark Batang Agam dan serahkan SK KIS Kota Payakumbuh (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Peringati Hari Skateboard Internasional, Wali Kota Riza Falepi buka turnamen bertajuk Latihan Bersama Push and Run di Skatepark Batang Agam, Minggu 20 Juni 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 16 kabupaten dan kota di Sumbar serta atlet Skateboard dari Jambi dan Riau.

Melihat antusias dan prestasi Sumbar, khususnya atlet Skateboard asal Payakumbuh, ia mengaku terkesan dan senang melihat semangat anak-anak muda Payakumbuh dalam berolahraga prestasi dan rekreasi. Sehingga fasilitas Skatepark yang dibangun di Kawasan Sungai Batang Agam ini dapat bermanfaat oleh anak-anak muda di Kota Randang ini.

baca juga: Wali Kota Riza Falepi Resmikan Kafe dan Butik Milik Wakil Ketua DPRD Payakumbuh

"Saya sangat mengapresiasi dan ternyata Komunitas Indonesia Skateboard (KIS) di Kota Payakumbuh sangat luar biasa antusiasnya. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatani ini dapat melahirkan bibit-bibit atlet di cabang olahraga skateboard ," kata Riza didampingi Ketua Kormi (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Sumbar Aristo Munandar, Ketua KIS Sumbar Harry Algamar, dan Ketua KORMI Payakumbuh YB Dt Parmato Alam serta anggota DPRD Payakumbuh Zainir.

Riza menjelaskan bahwa olahraga skateboard adalah olahraga ekstrim yang menantang dan menyenangkan. Dimana disebut menantang karena dibutuhkan keahlian dan kehati-hatian ditambah harus memiliki pedoman keselamatan seperti pelindung diri selama melaksanakannya.

baca juga: Inilah Cerita 4 Mahasiswa UPI YPTK Padang Saat Magang di Kehumasan Diskominfo Payakumbuh

"Kepada para peserta diharapkan untuk mengutamakan keselamatan dengan memakai pelindung kepala dan lutut karena keselamatan atlet juga penting untuk mencegah terjadinya cedera," ujar Wali Kota 2 periode ini.

Sementara itu, selain Skatepark Payakumbuh juga dikenal dengan sarana olahraga lainnya seperti Payakumbuh Bugar di Kelurahan Padang Kaduduak yang menyediakan fasilitas olahraga untuk warga yang ingin bermain futsal, bola basket, olahraga ringan lainnya dan jogging track. Kemudian menurut informasi, untuk tahun 2021 rencananya juga akan diselesaikan pembangunan gedung olah raga type B dan pembangunan lapangan sepak bola di Kawasan Batang Agam.

baca juga: Pemko Payakumbuh Gelar Gebyar Vaksinasi Sapu Jagat, Ini Jadwal Lengkapnya

"Harapan saya nantinya kita bisa melahirkan atlet yang bisa bersaing di kancah nasional dan internasional. Dimana saat Payakumbuh punya SDM yang mumpuni dan kita tinggal memfasilitasinya sebagai pemerintah dengan harapan kedepannya dapat membanggakan Kota Payakumbuh ," kata Riza dihadapan puluhan atlet Skateboard Sumbar, Riau, dan Jambi.

Sementara itu, Ketua KORMI Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam mengucapkan terima kasih atas semangat olah raga rekreasi ini. Ia berharap semoga ke depan olahraga skateboard ini menjadi olah raga yang lebih diminati oleh kaum milenial karena Payakumbuh merupakan satu-satunya kota di Sumatera Barat yang memiliki arena Skatepark bertaraf nasional.

baca juga: Lakukan Penguatan di Tengah Pandemi, Bunda PAUD se-Kota Payakumbuh Ikuti Bimtek Penguatan Pokja

Secara terpisah, Ketua Panitia Turnamen Skateboard David Buana Putra menjelaskan turnamen ini diikuti oleh sebanyak 56 peserta yang berasal dari Sumbar, Riau, dan Jambi. Kegiatan ini memperebutkan hadiah tabanas dengan total Rp6 juta dan puluhan merchandise dari skate shop lokal dan nasional.

"Latihan bersama dalam rangka memperingati Hari Skateboard Internasional ini digelar oleh Bluetown Skateboarding Payakumbuh. Peserta terdiri dari berbagai katergori seperti U-15, Beginner dan Open. Kegiatan ini sekaligus juga melakukan penyerahan SK Komunitas Indonesia Skateboard (KIS) di 16 Kabupaten Kota di Sumbar," kata David Buana didampingi Ketua KIS Payakumbuh Rovindo Maisya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah