BNPB Perkuat Peran dan Fungsi Pusdalops Daerah

Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan, S.T., M.Si. (tengah) dan Kepala Pusdalops BNPB Bambang Surya Putra, M.Kom. (kiri) dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Pusdalops BNPB di Bandung, Jawa Barat,
Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan, S.T., M.Si. (tengah) dan Kepala Pusdalops BNPB Bambang Surya Putra, M.Kom. (kiri) dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Pusdalops BNPB di Bandung, Jawa Barat, (BNPB)

KLIKPOSITIF - Pusdalops di bawah koordinasi BPBD provinsi, kabupaten dan kota memiliki peran dan fungsi penting dalam memantau dan mengkoordinasikan sumber daya di daerah. Kemampuan dalam pengelolaan data dan informasi serta didukung teknologi menjadi faktor yang perlu diperkuat oleh setiap pusdalops di seluruh Indonesia.

Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan, mendorong penguatan dan peningkatan kapasitas Pusat Pengendalian Operasi ( Pusdalops ), baik dari infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM). Lilik menyampaikan bahwa peningkatan (SDM) tersebut menyangkut keterampilan dan pengetahuan serta kesejahteraan.

baca juga: Krisis Energi Global, Industri Migas Masih jadi Penggerak Ekonomi Global

"Pada situasi normal tidak ada bencana , penguatan Pusdalops menjadi penting, untuk itu ruangan, peralatan dan penguatan SDM harus terus ditingkatkan," jelas Lilik saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Pusdalops BNPB di Bandung, Jawa Barat.

Lilik menyampaikan bahwa Pusdalops di seluruh Indonesia memiliki tugas dan peran yang signifikan pada setiap tahapan penanggulangan bencana , baik pra, saat dan pascabencana. Pusdalops mampu untuk mengkoordinasikan pembentukan pos komando penanganan darurat saat terjadi bencana .

baca juga: Banyak Faktor Pengaruhi Pemulihan Ekonomi Global, Menkeu: Salah Satunya Vaksinasi dan Dukungan Fiskal

"Kita harus pahami bersama bahwa kita hidup di daerah rawan bencana , dimana dalam masa krisis, daerah membutuhkan dukungan dari BNPB dan BPBD. Dukungan tersebut dapat berupa, sumber daya, seperti personel, relawan, pendanaan, administrasi, logistik dan peralatan serta tenaga ahli," ujarnya.

Ia menambahkan, begitu luasnya dukungan dari pusat ke daerah, ke depan ada perbaikan -- perbaikan sistem di BNPB untuk mendukung Pusdalops , baik di tingkat pusat maupun di daerah. Hal ini, dengan harapan untuk melaksanakan kegiatan kedaruratan yang akuntabel, efektif dan efisien.

baca juga: Kemenperin: Produk Olahan Singkong, Panganan dan Camilan Premium Digemari di Banyak Negara Eropa dan Amerika

Editor: Eko Fajri