Coba Lakukan Hal Ini Agar Anda Bahagia di Tempat Kerja

ilustrasi
ilustrasi (XWOR)

KLIKPOSITIF - Sebagian besar dari kita pasti sepakat bahwa kebahagiaan dan pekerjaan sering tak seiring jalan. Sebuah penelitian pada 2013 yang melaporkan data dari lebih dari 180 juta orang, menyatakan bahwa hanya 13% dari pekerja yang bahagia saat bekerja.

Mereka yang bahagia sebanyak 36% nya mengaku lebih termotivasi, enam kali lebih berenergi, dan dua kali lebih produktif. Penelitian menyebutkan bahwa kecerdasan emosi (EQ) memegang peranan penting dalam menciptakan kebahagiaan di tempat kerja. Nah, apa saja yang bisa anda lakukan agar bisa bekerja dengan bahagia? Simak tips berikut dilansir Forbes:

baca juga: Hendro Mardika, Entrepreneur Muda yang Sukses Berbisnis di Industri Pendidikan Berkat Try Out Online (Education Technology)

1. Ingat bahwa kebahagiaan ditentukan oleh diri sendiri
Saat anda berhadapan dengan situasi yang sulit ketika sedang bekerja, ambil saja sisi positifnya dan lakukan dengan senang hati. Ingat, kebahagiaan Anda adalah terserah pada Anda dan tidak ada hubungannya dengan orang lain. Ingatkan diri Anda akan hal ini kapanpun anda merasa mumet dengan pekerjaan.

2. Jangan Bandingkan Diri dengan Orang Lain
Ketika rasa kesenangan dan kepuasan anda berasal dari membandingkan diri dengan orang lain, Anda tidak lagi master kebahagiaan Anda sendiri. Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya mengabaikan apa yang orang lain pikirkan tentang Anda, Anda tidak perlu membandingkan diri dengan mereka. Mereka adalah mereka, anda adalah anda. Yakini bahwa anda punya kelebihan yang tidak mereka miliki.

baca juga: Cerita Mbak Rahayu Penjual Jamu Keliling yang Menuai Berkah Disaat Wabah Virus Corona

3. Hargai Diri
Ada kalanya hasil kerja keras anda tidak dihargai oleh orang lain. Barangkali ini membuat anda kecewa dan kurang bersemangat. Tapi ketahuilah, anda bisa memberi penghargaan yang lebih bagi diri sendiri ketimbang mereka. Anda paling paham apa yang membuat anda bahagia dan merasa puas. Jangan lupa menghargai diri, jangan lupa bahagia!

4. Olahraga
Lakukan olahraga singkat, misal 10 menit saja di hari kerja anda. Sebuah studi University of Bristol menunjukkan bahwa orang yang berolahraga pada hari kerja dilaporkan mengalami perbaikan dalam manajemen waktu, suasana hati, dan kinerja.

baca juga: Mengenal Sosok Wanita Inspiratif, Prof. DR. Dra. Diana Kartika Penerima Gelar Profesor Bahasa Jepang, Pertama di Sumatera

5. Jangan Menjudge dan Menggossip
Menilai orang lain dan membicarakan hal buruk tentang mereka memang terasa menyenangkan saat melakukannya, tapi setelah itu, Anda merasa bersalah dan terbebani. Ketika Anda tergoda untuk berbicara tentang orang lain dengan cara yang mungkin negatif, cobalah bertanya pada diri sendiri bagaimana seandainya jika ada orang yang mengatakan hal sama tentang Anda.

Penulis: Elvia Mawarni