Penyerang Veteran Ini Catak Gol Bersejarah Untuk Makedonia Utara di Turnamen Besar

Goran Pandev,
Goran Pandev, (Net)

KLIKPOSITIF - Penyerang veteran, Goran Pandev, menorehkan sejarah dengan mencetak gol pertama Timnas Makedonia Utara di turnamen besar. Striker berusia 37 tahun ini membuatnya saat berhadapan dengan Austria dalam babak penyisihan Grup C, Piala Eropa 2020, Minggu (13/6/2021).

Makedonia Utara memang menyerah 1-3 dalam partai itu. Namun gol yang dicetak penyerang Genoa itu patut dicatat karena merupakan yang pertama terjadi di kejuaraan besar dari negara pecahan Yugoslavia ini.

baca juga: Kisah Finda Pratiwi, Harumkan Nama Daerah Melalui Olahraga Senam

Gol yang dicetak Pandev pada menit ke-28 sempat menyamakan skor menjadi 1-1 setelah Austria unggul melalui Stefan Lainer pada menit. Pandev mencetak gol setelah kiper Austria, David Bachmann, tidak sempurna saat menangkap bola. Penyerang tersebut dengan cepat memanfaatkan situasi ini dan menceploskan bola ke gawang.

Di musim terakhirnya dan di kompetisi besar pertama Makedonia Utara, mantan penyerang Inter, Napoli, dan Lazio itu terus menjadi penentu. Pemain veteran, yang bermain sebanyak 120 kali, telah mencetak gol internasionalnya yang ke-38.

baca juga: Kalahkan Dynamo Kiev, Roberto De Zerbi Raih Trofi Pertama Sebagai Pelatih

Ini merupakan penampilan pertama Makedonia Utara di ajang besar turnamen antarnegara. Mereka menempati posisi ketiga kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup G setelah Polandia dan Austria. Posisi ini membuat mereka tampil di babak playoff untuk meraih tiket ke Euro 2020. Di babak ini mereka menundukkan Kosovo 2-1 dan mengalahkan Georgia 1-0.

Sumber: Football Italia

baca juga: Dukung Event Sport Tourism Internasional, Pullman Lombok Mandalika Beach Resort Ditargetkan Beroperasi Kuartal IV 2021

Editor: Eko Fajri