Seleksi Tahap Kedua, Bima Sakti Uji Kemampuan 40 Pemain Untuk Timnas U-16

.
. (PSSI)

KLIKPOSITIF - Sesi lanjutan seleksi Timnas Indonesia U-16 tahap kedua dimulai di Lapangan D, Senayan, Jakarta Sabtu (12/6). Kali ini pelatih Bima Sakti memanggil 40 pemain untuk mengikuti seleksi akhir hingga Rabu (16/6) mendatang.

Pada hari pertama seleksi sesi kedua ini, para pemain diwajibkan untuk melakukan jogging bersama pelatih fisik Timnas U-16, Gilang Ramadhan di awal sesi latihan.

baca juga: Menang Tipis 1-0, Timnas Wanita Indonesia Lolos ke Piala Asia Wanita 2022 di India

Setelahnya, ke-40 pemain kemudian dibagi menjadi tiga kelompok kecil dan melakukan small side game atau rondo diselingi pemanasan fisik untuk melatih komunikasi, koordinasi sekaligus ketahanan tubuh pemain dalam circle yang kecil.

"Para pemain yang ikut seleksi pada dasarnya sudah memiliki fisik yang fit dan bagus, karena mereka berlatih di akademi atau sekolah sepakbola di daerahnya masing-masing, serta sudah pernah mengikuti kompetisi. Untuk saat ini kita melatih fisik mereka sesuai dengan porsi latihan dalam seleksi, jika ada beberapa keluhan cedera, kami pisahkan sesi latihannya" ungkap pelatih fisik Timnas U-16 Gilang Ramadhan

baca juga: Menpora Harap Liga 2 Jadi Ajang Pembinaan Timnas

Di hari pertama sesi kedua seleksi, pelatih Bima Sakti bersama tim kepelatihan langsung menguji kemampuan para pemain dengan melakukan internal game di akhir sesi latihan. Setelah memantapkan teknik-teknik dasar, ke-40 pemain diuji kemampuannya dalam menerapkan instruksi pelatih dan kerjasama di lapangan.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap seleksi sesi kedua ini bisa kompetitif layaknya sesi pertama yang telah berakhir kemarin (11/6), dengan munculnya pemain-pemain yang kompetitif pula.

baca juga: Gelar Standardisasi, MUI: Dai Harus Memiliki Pengetahuan Agama dan Kebangsaan yang Memadai

"Persaingan untuk menjadi bagian dari Timnas tidaklah mudah. Banyak pemain-pemain potensial namun hanya yang terbaiklah yang terpilih. Pelatih Timnas U-16 selalu memberikan laporan dan saya apresiasi karena seleksi tahap kedua ini selalu dilaksanakan pagi-pagi sekali. Tentu ini menjadi semangat motivasi bagi pemain-pemain muda untuk bekerja keras sejak dini" ungkap Iriawan.

Sama seperti sesi sebelumny, sesi kedua seleksi Timnas U-16 akan berlangsung selama 5 hari hingga Rabu (16/6) mendatang. Setiap harinya para pemain akan diberikan program latihan menyangkut teknik dan permainan, sebelum pembentukan kerangka Timnas U-16 yang terdekat rencananya akan menghadapi laga sekaligus menjadi tuan rumah gelaran AFF U-16 2021

baca juga: Cegah Masuknya Varian MU, Legislator Minta Pemisahan Jalur Kedatangan di Bandara

Editor: Eko Fajri