Pengiriman Global Meningkat, Apple Dominasi Pasar Jam Tangan Pintar

Apple Watch
Apple Watch (net)

KLIKPOSITIF - Riset terbaru dari Counterpoint mengungkapkan bahwa Apple Watch berhasil menjadi produk smartwatch dengan jumlah pengiriman global terbanyak pada kuartal 1 2021.

Apple berhasil mendominasi pengiriman smartwatch dengan persentase 33,5% dari total pengiriman smartwatch global . Counterpoint melaporkan bahwa pengiriman smartwatch global mengalami peningkatan signifikan sebesar 35% pada kuartal 1 2021 dibandingkan dengan kuartal 1 2020.

baca juga: Hadirkan Lagi Fitur Baru, Pengguna Kini Bisa Bikin Sticker di WhatApp

Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh peran Apple Watch yang mampu menyumbang 33,5% pengiriman smartwatch global di kuartal 1 2021. Jika dibandingkan dengan kuartal 1 2020, Apple berhasil meningkatkan pengiriman Apple Watch sebesar 3%. Pada kuartal 1 2020 lalu, pengiriman Apple Watch berada di angka 30,3%.

Perusahaan smartwatch asal Asia Timur yakni Huawei dan Samsung berada tepat di bawah Apple . Samsung sendiri berhasil menduduki posisi 3 karena popularitas produk Galaxy Watch 3 dan Galaxy Watch Active Series.

baca juga: Instagram Perbarui Fitur Instagram Music, Bakal Bisa Digunakan untuk Feed

Apple berhasil meningkatkan meningkatkan pengiriman produk smartwatchnya berkat popularitas Apple Watch Series 6. Berdasarkan data Counterpoint, permintaan pasar Apple Watch Series 6 meningkat sebesar 50% di kuartal 1 2021. Laporan dari Counterpoint juga mengungkapkan bahwa Apple dapat kembali meningkatkan pengiriman Apple Watch dengan portofolio dari Apple Watch SE seri 6.

Sementara itu, dari segi sistem operasi smartwatch, Apple Watch berhasil menjaring lebih dari sepertiga pasar konsumen global . Dengan kata lain, watchOS milik Apple menjadi sistem operasi smartwatch dengan pengguna terbanyak di dunia. Namun, dominasi watchOS ini kemungkinan akan berakhir jika Samsung dan Google bekerja sama dengan WearOS.

baca juga: Spotify Sedang Siapkan Tampilan Vertikal Pada Aplikasinya

Editor: Ramadhani