Ingin Tidur Tepat Waktu dan Teratur, Begini Caranya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Banyak orang mengalami kurang tidur, tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik, hingga mengalami gangguan tidur. Biasanya, kondisi ini terjadi karena mengalami kesulitan untuk tertidur.

Jika anda mengalami kesulitan tidur atau insomnia, Anda tidak perlu khawatir. Untuk mengatasi kondisi tersebut, ada beberapa cara yang cukup efektif untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa segera tidur dilansir dari hellosehat:

Menaati jadwal tidur yang telah Anda buatAnda bisa cepat terlelap adalah dengan membuat jadwal tidur. Tak hanya itu, Anda juga perlu menaati jadwal tersebut. Ini artinya, Anda akan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Cara ini rupanya cukup ampuh dalam menghadapi masalah sulit tidur.

baca juga: Perpanjangan PPKM Harus Dibarengi Penyempurnaan Kebijakan Oleh Pemerintah

Bahkan, Anda tetap harus melakukan rutinitas ini dan bangun sesuai jadwal pada akhir pekan. Apalagi, memiliki kebiasaan atau rutinitas yang selalu sama untuk membantu tubuh mengenali kapan waktunya Anda mengantuk, serta kapan waktunya untuk bangun.

Rutin Berolahraga

Selain membuat jadwal istirahat, cara cepat agar Anda bisa terlelap pada malam hari adalah rutin berolahraga. Baik olahraga ringan, sedang, hingga berat dapat membantu agar Anda mudah merasa mengantuk. Bahkan, berolahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur serta mengurangi risiko Anda mengalami gangguan tidur.

Sebuah penelitian pada International Review of Psychiatry membuktikan bahwa penderita insomnia kronis yang rutin melakukan aktivitas fisik ini dapat memangkas waktu yang biasanya ia habiskan untuk menunggu rasa kantuk datang. Ini artinya, penderita insomnia tersebut semakin cepat untuk terlelap.

baca juga: Varian Delta Disebut Menular Seperti Cacar Air

Oleh sebab itu, jangan pernah menyepelekan aktivitas yang satu ini. Semakin sering melakukannya, semakin besar pula kesempatan Anda untuk menerapkan pola tidur yang sehat. Apalagi, kondisi ini juga dapat membantu mengatur ulang jam biologis tubuh.

Yoga untuk relaksasiebuah penelitian juga berhasil membuktikan bahwa 59% orang dewasa yang melakukan yoga mengalami peningkatan dalam kualitas tidur sehari-hari. Ini artinya, semakin sering Anda melakukannya, semakin besar pula potensi peningkatan kualitas yang Anda peroleh.

baca juga: Waspadai Sakit Perut Bagian Kanan, Ini Sejumlah Penyakit yang Mungkin Terjadi

Nah, bagi Anda yang mengalami gangguan hingga kesulitan untuk tertidur, cobalah untuk melakukan yoga secara rutin. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 juga menyatakan bahwa Anda akan lebih cepat tidur dengan cara mempraktekkan yoga secara rutin.

Kurangi Peralatan Electronik:

Jika Anda suka menonton televisi atau bermain smartphone sebelum menjelang jam istirahat pada malam hari, mungkin ini adalah waktunya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Nyatanya, kebiasaan-kebiasaan ini justru membuat Anda semakin sulit terlelap. Ya, semakin intens menggunakan alat elektronik, semakin sulit Anda tertidur pada malam hari.

Hal ini tentu saja berisiko membuat kualitas tidur berkurang, hingga Anda mengalami berbagai gangguan tidur karena tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Oleh sebab itu, meski terasa nyaman dan seru, lebih baik jauhkan gadget dari pandangan mata, setidaknya satu jam sebelum mulai memejamkan mata.

baca juga: Puan: Tingkatkan Kualitas Layanan dan Fasilitas Kesehatan di Seluruh Indonesia

Editor: Ramadhani