Tidak Jadi Mendaftar Sebagai Calon Ketum KONI Sumbar, Ini Alasan Togi Tobing

Togi Tobing, Ketua Pertina Sumatera Barat
Togi Tobing, Ketua Pertina Sumatera Barat (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Togi Tobing, Ketua Umum Cabang Olahraga Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PERTINA) Sumatera Barat yang digadang-gadangkan akan menjadi salah satu calon Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) Sumatera Barat tiba-tiba menarik diri.

Ia tidak jadi mendaftarkan diri dan malah mendukung Agus Suardi sebagai Ketua Umum KONI Sumatera barat untuk periode 2021-2025 yang akan dipilih pada Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) mendatang.

baca juga: Wabup Risnawanto Sebut Pembangunan di Pasbar Tak Lepas dari Dukungan Tokoh Adat

"Saya tidak jadi mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum KONI karena ada beberapa alasan," kata Togi saat diwawancarai KLIKPOSITIF .com, Kamis 6 Mei 2021 malam.

Ia mengatakan, dirinya memang mendukung Agus Suardi sebagai calon Ketua KONI Sumatera barat tahun 2021-2025 karena tiga alasan yang sangat penting.

baca juga: Gubernur Sumbar: Sinergi Tokoh Adat dan Pemerintah Kunci Penguatan Ekonomi dan Adat

"Alasan pertama, karena bapak Agus Suardi ini memiliki komunikasi yang baik dengan Pemerintah Provinsi. Bagai manapun, sebagai Ketua KONI , harus memiliki koneksi yang baik dengan Pemerintah Povinsi," katanya.

Alasan kedua, menurutnya Agus Suardi memiliki pengalaman yang cukup panjang di bidang olahraga. "Bapak Agus Suardi ini kan pernah juga menjadi Ketua KONI Kota Padang dan di tangan dia, olahraga Kota Padang berkembang dengan dibuktikan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2018," lanjutnya.

baca juga: Hari Ini 70 Orang Warga Pasbar Positif Corona, 4 Diantaranya Meninggal Dunia

Selain itu, menurutnya Agus Suardi juga memiliki potensi dalam hal pembinaan terhadap atlet. Hal tersebut menurutnya dibuktikan dengan kesuksesannya melakukan pembinaan di Persatuan Sepak Bola Padang (PSP).

"Karena alasan itulah saya tidak jadi mendaftarkan diri dan memilih mendukung Bapak Agus Suardi. Yang jelas semua ini untuk olahraga Sumatera Barat yang lebih maju," tutupnya.

baca juga: Hari Ini 3 Pasien COVID-19 di Tanah Datar Meninggal Dunia, Total Jadi 116 Orang

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri