Klub Liga Inggris Dilaporkan Mulai Mundur Teratur dari Liga Super Eropa

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Polemik seputar gelaran European Super League atau Liga Super Eropa terus menggelinding. 12 tim elit Eropa pada Minggu (18/4/2021) mengumumkan hajatan liga yang disebut-sebut disokong dana besar dari perusahaan keuangan ternama asal Amerika Serikat JP Morgan.

Namun, belum sampai 48 jam dari pengumuman itu, sejumlah tim, khususnya dari Liga Inggris menyatakan mundur teratur alias batal ikut Liga Super Eropa. Diketahui, badan sepak bola resmi Eropa UEFA dengan tegas menolak ide berdirinya Liga Super Eropa. Mereka bahkan akan memberikan sanksi tegas, baik kepada klub maupun pemain yang ikut kompetisi tersebut.

baca juga: Perkaya Perspektif Keolahragaan, Panja RUU SKN Undang PPFI

Penolakan itu juga disokong banyak pihak, mulai dari banyak tim liga-liga di Eropa, pemain, hingga para fans.

Informasi soal mundurnya tim-tim elit Liga Inggris dari Liga Super Eropa kami lansir dari laman BBC.com. BBC menulis, total ada enam tim dari Liga Inggris yang menarik diri dari turnamen tersebut.

baca juga: Isu Rossi Tidak Akan Lanjut dengan Petronas Yamaha Berhembus Kencang, SRT Akan Bajak Pembalap Ini?

Menurut BBC, adalah Manchester City menjadi klub pertama yang secara resmi menarik diri setelah Chelsea mengisyaratkan niat mereka mundur dengan menyiapkan dokumen pengunduran diri.

Empat tim lainnya - Arsenal, Liverpool, Manchester United dan Tottenham - disebut bakal mengikuti langkah tersebut juga.

baca juga: Marc Klok Hengkang dari Persija, Komentar Gibran Disorot

Manchester City mengonfirmasi bahwa mereka telah "secara resmi memberlakukan prosedur untuk mundur" dari Liga Super Eropa.

Pihak Liverpool juga mengatakan keterlibatan mereka dalam liga yang memisahkan diri "telah dihentikan".

baca juga: Ini Tim yang Lolos 16 Besar Piala Eropa, Tim Unggulan Saling Berhadapan

Sementara itu, Manchester United mengatakan mereka telah "mendengarkan dengan cermat reaksi dari para penggemar kami, pemerintah Inggris dan pemangku kepentingan utama lainnya" dalam membuat keputusan mereka untuk tidak ambil bagian.

Disusul permintaan maaf dari Arsenal melalui surat terbuka kepada fans mereka dan mengatakan mereka telah "membuat kesalahan", menambahkan mereka mundur setelah mendengarkan mereka dan "komunitas sepak bola yang lebih luas".

Ketua Tottenham Daniel Levy mengatakan klub menyesali "kecemasan dan kesal" yang disebabkan oleh proposal tersebut.

'Enam besar' sepak bola Inggris adalah bagian dari grup, juga terdiri dari Atletico Madrid dari Spanyol, Barcelona dan Real Madrid dan AC Milan dari Italia, Inter Milan dan Juventus, yang mengumumkan rencana untuk membentuk liga yang memisahkan diri dari kompetisi yang selama ini mereka ikuti.

Keputusan itu langsung menuai kutukan fans, otoritas sepak bola dan menteri pemerintah di Inggris dan di seluruh Eropa oleh UEFA dan asosiasi liga.

Sekitar 1.000 penggemar berkumpul di luar lapangan Stamford Bridge Chelsea sebelum pertandingan mereka melawan Brighton pada hari Selasa untuk memprotes keterlibatan klub mereka.

Chelsea belum merilis pernyataan yang mengonfirmasi pengunduran diri mereka, meskipun editor olahraga BBC Dan Roan melaporkan sebelumnya pada hari Selasa bahwa The Blues telah memulai proses untuk menarik diri dari turnamen yang diusulkan.

Wakil ketua eksekutif Manchester United Ed Woodward, yang terlibat dalam diskusi Liga Super, telah mengumumkan akan mundur dari perannya pada akhir 2021.

Editor: Eko Fajri