Kakek Buyut Wagub Sumbar Bakal Jadi Nama Stadion di Kota Solok

Wako Solok, H. Zul Elfian usai rapat koordinasi bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar di Auditorium Gubernuran
Wako Solok, H. Zul Elfian usai rapat koordinasi bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar di Auditorium Gubernuran (Prokomp)

KLIKPOSITIF - Wali Kota Solok , H. Zul Elfian meminta dukungan penuh pemerintah Provinsi Sumatra Barat untuk kelanjutan pembangunan stadion olahraga kota Solok yang dibangun di kawasan Laing.

Menurut Wali Kota Solok , keberadaan stadion memang menjadi prioritas pembangunan infrastruktur di kota Solok, sebab di 2024 mendatang kota beras bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar.

baca juga: Jamin Keamanan Pangan, Pemko Sediakan Pondok Uji Gratis di Pasar Raya Solok

"Sepanjang sejarah Porprov, Kota Solok belum pernah menjadi tuan rumah, salah satu penyebabnya karena belum memiliki stadion yang representatif," ungkap Wako Solok usai rapat bersama pemerintah provinsi Sumbar, Sabtu (17/4/2021).

Rencananya, stadion yang akan dibangun di kawasan Laing itu bakal diberi nama salah seorang tokoh pendiri kota Solok, Marah Adin yang juga merupakan kakek buyut Wagub Sumbar, Audy Joinaldi.

baca juga: Kasus Covid-19 Kota Solok Bertambah Sembilan, Enam Diantaranya Kontak Erat

"Saat ini, Kota Solok telah menyiapkan lahan untuk Stadion yang InsyaaAllah bakal dinamai salah seorang Pendiri Kota Solok yakni Marah Adin," ungkap Wako menjelaskan rencana pemberian nama stadion yang dibangun.

Selama ini, lapangan Merdeka kota Solok menjadi salah satu tumpuan bagi kota beras untuk menghelat berbagai turnamen olahraga dan kegiatan lainnya, namun tentu kondisinya sangat terbatas.

baca juga: Kelurahan Berprestasi Sumbar 2021, Tanjung Paku Wakili Kota Solok

Keinginan Pemko dan masyarakat kota Solok untuk menghelat beragam iven olahraga yang lebih bergengsi masih harus tertahan akibat tidak adanya fasilitas lapangan bola atau stadion yang representatif.

"Keberadaan stadion tentu sudah sangat menjadi kebutuhan daerah dan masyarakat kota Solok, tentunya upaya untuk mewujudkan hal tersebut terus kita lakukan, apalagi kita akan jadi tuan rumah Porprov," tuturnya.

baca juga: Wako Solok : Koperasi Kekuatan Ekonomi Ditengah Pandemi

Editor: Syafriadi