Bertemu Menparekraf, Wako Solok Sampaikan Program Pengembangan Pariwisata Kota Beras

Wako Solok, H. Zul Elfian menyampaikan program pengembangan pariwisata kota Solok kepada Menparekraf, Sandiaga Uno
Wako Solok, H. Zul Elfian menyampaikan program pengembangan pariwisata kota Solok kepada Menparekraf, Sandiaga Uno (Prokomp)

KLIKPOSITIF - Walikota Solok H. Zul Elfian Umar bertemu langsung dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, Selasa (13/4/2021) di Balairung Kemenparekraf, Jakarta.

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari upaya percepatan pemulihan ekonomi sektor pariwisata dengan GERCEP (Gerak Cepat), GEBER (Gerak Bersama) dan GASPOL (Garap semua Potensi Unggulan) dengan menerapkan protokol kesehatan.

baca juga: Pembangunan Daerah Butuh Dukungan Perantau

Dalam kesempatan itu, Wako Solok H. Zul Elfian menyampaikan program pengembangan pariwisata kota Solok yang selama ini cukup terkendala dengan keterbatasan kemampuan keuangan daerah.

"Pengembangan pariwisata daerah sangat memerlukan sentuhan Pemerintah Pusat terutama dalam hal dukungan anggaran," ungkap H. Zul Elfian usai bertemu Menparekraf.

baca juga: Tambahan 11 Kasus Baru Covid-19 di Kota Solok, Tiga Diantaranya Pegawai Bank

Menurut Wako Solok , salah satu yang menjadi perhatian serius Pemko Solok dalam pengembangan sektor wisata yakni pengembangan kawasan wisata Pulau Belibis, Kawasan wisata Sawah Solok, Batu Patah Payo dengan Agrowisatanya, Puncak Bidadari dengan Paralayang.

"Untuk mengembangkan sejumlah pariwisata unggulan kota Solok ini, dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Perlu campur tangan dan dorongan dari pemerintah provinsi dan juga pemerintah pusat," paparnya.

baca juga: Evaluasi KLA, Wako Solok : Pemenuhan Hak Anak Jadi Prioritas Dalam Pembangunan

Wako Solok sangat yakin, dengan pengembangan pariwisata kota Solok tidak saja akan membawa perubahan terhadap pendapatan asli daerah, nanti akan memberikan manfaat langsung pada masyarakat.

"Besar harapan kita, apa yang kita kembangkan bakal mendapat dukungan dari pemerintah pusat terutama Menparekraf sehingga ada perubahan signifikan terhadap pariwisata kota Solok," tutupnya.

baca juga: Pembenahan Pasar Raya Jadi Prioritas Pemko Solok Dalam APBD 2022

Zul Elfian berharap, Pertemuan tersebut menjadi momen dan kesempatan bagi daerah di Sumatera Barat untuk menjalankan program kepariwisataan dan membangun harmonisasi serta sinkronisasi program pariwisata antara pusat dan daerah.

Usai bertemu Menparekraf, Wako Solok kemudian melanjutkan pertemuan dengan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra di Ruang Pertemuan Kementerian Perdagangan RI, Jakarta Pusat serta dengan Dirjend Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian.

Editor: Syafriadi