Pemko Solok Terima Penghargaan TP2DD dari BI Perwakilan Sumbar

Wako Solok, H. Zul Elfian menerima penghargaan TP2DD dari kepala perwakilan BI Sumatra Barat
Wako Solok, H. Zul Elfian menerima penghargaan TP2DD dari kepala perwakilan BI Sumatra Barat (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Laksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah kota Solok dianugerahi penghargaan oleh Bank Indonesia Perwakilan Sumbar.

Penghargaan itu diterima Wali Kota Solok , H. Zul Elfian Umar dalam acara puncak Festival Ekonomi Keuangan Digital, Jum'at (9/4/2021) di Aula Anggun Nan Tongga Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang.

baca juga: Pembangunan Daerah Butuh Dukungan Perantau

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat, Wahyu Purnama A mengatakan, menuju Indonesia negara maju Tahun 2045, pola transaksi yang dikembangkan harus beralih dari cara-cara tradisional.

"Saat ini, sudah dilakukan transaksi keuangan secara digital yang dikenal dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), dan perlu terus dikembangkan," ungkap Wahyu Purnama.

baca juga: Tambahan 11 Kasus Baru Covid-19 di Kota Solok, Tiga Diantaranya Pegawai Bank

Lebih lanjut dijelaskannya, transformasi digital merupakan bagian dari upaya pemulihan ekonomi Indonesia. Digitalisasi daerah harus segera dilakukan di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota di Sumatra Barat.

TP2DD bertujuan mendukung implementasi pengembangan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2021 tertanggal 4 Maret 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah.

baca juga: Evaluasi KLA, Wako Solok : Pemenuhan Hak Anak Jadi Prioritas Dalam Pembangunan

Atas dasar itu, setiap Pemerintah Daerah diwajibkan melakukan pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Kota Solok menjadi salah satu daerah yang sudah membentuk dan melaksanakan TP2DD di Sumbar.

"Alhamdulillah, saat ini 19 kab/kota di Provinsi Sumbar sudah melakukan penandatanganan SK TP2DD. Kita tercepat kedua di seluruh Indonesia dalam menyelesaikan TP2DD ini," tutupnya.

baca juga: Pembenahan Pasar Raya Jadi Prioritas Pemko Solok Dalam APBD 2022

Sementara itu, Wali Kota Solok , H. Zul Elfian mengatakan, Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah memang sangat perlu dilakukan di daerah dalam mendukung pola transaksi yang lebih cepat dan efektif.

"Pelaksanaannya nanti akan kita maksimalkan dalam pengelolaan pemasukan dan pengeluaran pemerintah daerah," ungkap Zul Elfian usai menerima penghargaan dari BI Perwakilan Sumbar.

Editor: Syafriadi