Sudah Vaksinasi Jutaan Dosis Per Hari, Lonjakan Kasus Corona Masih Terjadi AS

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Di beberapa negara, program vaksinasi Covid-19 telah dilakukan sejak akhir tahun lalu. Amerika Serikat jadi salah satu negara tercepat melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap penduduknya.

Menurut pejabat Gedung Putih, penyuntikan vaksin Covid-19 di AS rata-rata adalah 3,1 juta dosis per hari. Tetapi, meski vaksinasi berjalan cepat, lonjakan infeksi baru di AS masih tinggi di beberapa negara bagian.

baca juga: DLH Sumbar Minimalisir Resiko Penularan Pandemi dari Limbah Penanganan Covid-19

Data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mencatat terjadi peningkatan 7 persen dalam kasus harian, dengan rata-rata sekitar 64 ribu kasus. Pejabat gedung putih Dr. Rochelle Walensky juga mencatat peningkatan 3 persen dalam penerimaan rumah sakit, rata-rata sekitar 4.970 orang per hari.

Penurunan baru terjadi pada angka kematian harian, sekitar 800 jiwa per hari. Ia meyayangkan bahwa lonjakan kasus dan rawat inap di rumah sakit paling banyak terjadi pada anak muda.

baca juga: Cek Pos Pelayanan Operasi Ketupat, Kapolres Terus Ingatkan Prokes

"Kami tahu bahwa peningkatan ini sebagian disebabkan oleh varian yang lebih mudah ditularkan yang sedang kami pantau dengan sangat cermat. Karena semakin banyak sekolah yang dibuka kembali, semakin penting untuk memastikan mereka melakukannya dengan aman dengan kepatuhan ketat terhadap panduan CDC," kata Walensky dikutip dari Fox News.

Kasus Covid-19 di AS masih jadi yang terbanyak di dunia dengan jumlah 31,48 juta. Demikian pula dengan angka kematian akibat Covid-19 di AS tercatat 569.182 jiwa.

baca juga: Tambah 5 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Bupati Sebut Kasus Naik Akibat Abai Prokes

Lonjakan kasus akibat varian baru virus corona tak hanya terjadi di AS. Sejak awal Februari, Brasil juga alami peningkatan kasus akibat mewabahnya virus corona varian P.1.

Hingga kini jumlah kasusnya telah melewati India yang sebelumnya menjadi kedua terbanyak. Kasus Covid-19 di Brasil telah lebih dari 13 juta, sementaa India 12,68 juta.

baca juga: Korban Pandemi Terus Bertambah, Warga India Malah Gelar Festival Keagamaan

Gabungan kasus dari ketiga negara itu telah mencakup lebih dari setengah total kasus Covid-19 di dunia. Dikutip dari situs worldometers.info, per Selasa (6/4) pukul 07.10 WIB total kasus Covid-19 mencapai 132,39 juta tersebar di 221 negara.

Sebanyak 23 negara telah memiliki jumlah kasus Covid lebih dari 1 juta, salah satunya Indonesia. Dengan jumlah 1,53 juta kasus, Indonesia ada diperingkat 20 di dunia.

Editor: Eko Fajri