Keren, Siswa Madrasah Indonesia Raih Penghargaan pada KTT Pemuda Internasional IYS 2021 di Turki

Siswa madrasah yang raih penghargaan
Siswa madrasah yang raih penghargaan (kemenag.go.id)

KLIKPOSITIF - Siswa madrasah kembali mengukir prestasi dunia. Adalah Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa, siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Jombang yang baru saja terpilih mewakili Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemuda InternasionalIstanbul Youth Summit(IYS) 2021, di Istanbul, Turki.

Konferensi yang digelar untuk kali keempat ini, digelar mulai 22-25 Maret 2021. Alfath, begitu Maharsyalfath biasa disapa, tergabung di kelompok IYS 2021 yang mengangkat topik pemerintah, khususnya bidang pendidikan dan pelatihan.

baca juga: Madrasah Aliyah Harus Mampu Jemput Peluang Peradaban Baru

"Alhamdulillah, dengan semangat, perjuangan serta doa. Saya beserta grup 9 "SEPIA.ID" meraih awardThe Most Outstanding Project," ungkap Alfath, Jumat (2/4/2021), yang dilansir dalam laman kemenag.

Menurut Alfath, konferensi yang diinisiasi oleh Youth Break the Boundaries (YBB) ini berupaya mendorong pemimpin masa depan untuk menembus batas kemampuan para pelajar yang menjadi perwakilan. Untuk bisa membuka ruang dialog dan menghasilkan aksi nyata dalam membentuk pemimpin masa depan.

baca juga: PPDB di Padang, Minat Calon Siswa Baru Masuk Madrasah Sangat Tinggi

"Acara ini Mengusung temaPublic Leadership through The Crisis.Istanbul Youth Summitmempunyai enam fokus topik, yaitu pendidikan, ekonomi, pemerintah, sosial, kesehatan masyarakat, dan lingkungan,"cerita Alfath yang juga didaulat oleh panitia untuk menciptakan jingle lagu Istanbul Youth Summit 2021 Turki.

"Saya mengenalkan budaya Indonesia dengan memakai pakaian adat Jawa Timur-an khas Jombang dalam Acara Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemuda Internasional -- Istanbul Youth Summit (IYS) 2021 tersebut", jelas Alfath.

baca juga: Dukung Presidensi G20 Indonesia, Pemerintah Gandeng UI dan UPH

Dirinya juga menampilkan perform, berupa memainkan piano di acara opening ceremony IYS 2021 dengan lagu We are the World dan A Whole New World.

"Sungguh pengalaman luar biasa. Saya dapat bertemu, dialog, dan berfoto dengan Bapak Lalu Muhammad Iqbal, Duta Besar Indonesia untuk Turki di Hall A, lantai ke-6 di Ramada Merter Hotel & Suites, dimana kegiatan Istanbul Youth Summit 2021 berlangsung", kisah Alfath pemilik usaha Warkop GoSong Kopi Jombang.

baca juga: Ketika Shin Tae Yong Berbicara Tentang Vietnam dan Park Hang-seo

Editor: Haswandi