Pendataan Keluarga 2021, Wawako Solok : Berikan Data Sebenarnya

Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra dan ketua GOW, Ny. Dona Ramadhani menerima tim PK 2021
Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra dan ketua GOW, Ny. Dona Ramadhani menerima tim PK 2021 (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra beserta istri Ny. Dona Ramadhani menerima tim pendataan keluarga (PK) tahun 2021 di kediaman dinas Wawako, Kamis (1/4/2021).

Keluarga wakil wali Kota Solok menjadi keluarga perdana yang didata oleh petugas dalam rangka pendataan keluarga tahun 2021. Pendataan dilakukan secara serentak secara nasional.

baca juga: Informasi Hoaks Vaksin Covid-19, Wawako Solok : Masyarakat Harus Bijak Bermedsos

Pendataan Keluarga tahun 2021 yang dimotori oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) direncanakan mulai dari 1 April hingga 31 Mei 2021.

"Pendataan dilakukan untuk validasi data sebagai dasar bagi pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan, peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat," ungkap kepala Dispenduk KB kota Solok, Ardinal.

baca juga: Kota Solok Garap Sektor Pertanian dan Peternakan Organik Berbasis Sumberdaya Lokal

Pendataan Keluarga tahun 2021 akan menghasilkan data mikro keluarga secara by name by address. Data ini menjadi dasar dan acuan bagi pemerintah dalam perencanaan program pembangunan yang dilakukan.

Wakil Wali Kota Solok , Ramadhani Kirana Putra bersama ketua GOW, Ny. Dona Ramadhani pada kesempatan itu langsung memberikan data keluarga, mulai dari data kependudukan, data keluarga berencana dan data pembangunan keluarga.

baca juga: Wako dan Wawako Solok Salat Idul Adha di Tempat Berbeda

Menurut Wawako, pendataan keluarga merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk mengetahui kondisi atau potret keluarga Indonesia dan berbagai persoalan pembangunan yang dihadapi oleh keluarga.

"Data ini nantinya akan menjadi acuan bagi pemerintah untuk merumuskan kebijakan dan program pembangunan yang betul-betul menyentuh seluruh komponen keluarga Indonesia," papar Dhani.

baca juga: 14.153 Warga Kota Solok Sudah Terima Vaksin Covid-19

Wawako meminta masyarakat kota Solok untuk menerima petugas pendataan dan memberikan data sesuai dengan kondisi yang dialami keluarga supaya data mikro yang tersaji nantinya memang sesuai dengan kenyataan yang ada.

"Ini sangat penting, untuk itu, saya minta semua lapisan masyarakat untuk membantu pendataan keluarga dengan memberikan data ril atau kondisi sebenarnya," tutupnya.

Editor: Syafriadi