Ingin Rambut Sehat, Coba Rutin dengan 3 Cara Ini

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Hampir setiap orang tentu ingin memiliki rambut berkilau dan sehat, terutama perempuan. Berbagai cara kerap dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut.

Tapi, yang mungkin tidak banyak diketahui, bahwa ternyata minyak nimba juga bisa membantu perawatan rambut . Di India, minyak nimba dikenal karena memiliki khasiat, yang telah digunakan sejak zaman dahulu untuk meningkatkan kesehatan . Minyak nimba juga dikonsumsi untuk mengatur kadar gula darah dan cacar air.

baca juga: Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM Mikro Hingga 28 Juni di Seluruh Provinsi, Ini Mekanismenya

Minyak nimba disebut baik untuk rambut , karena adanya sifat antibakteri dan anti radang. Tak hanya itu, khasiat nimba memiliki asam lemak, antioksidan, dan vitamin E. Manfaat minyak nimba ini bisa mengatasi permasalahan rambut , mulai dari rambut rontok hingga rambut kusam.

Melansir dari Healthshots, berikut tiga cara untuk menggunakan minyak nimba untuk perawatan rambut . Apa saja?

baca juga: Wajib Tahu, Ini Beda Pola Demam Dengue dan Demam COVID-19

Pijat

Memijat kulit kepala merupakan cara terbaik untuk meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, memijat rambut juga dapat bermanfaat untuk folikel rambut dan memperkuat rambut dari akar.

baca juga: Kaya Gizi dan Baik Bagi Kesehatan, Ini Manfaat Sarang Madu

Untuk cara pemakainnya, panaskan minyak nimba sebelum dioleskan. Pijat di kulit kepala selama 20 menit, lalu biarkan sebelum bilas. Lakukan perawatan ini selama seminggu sekali untuk melihat hasilnya.

Gunakan sebagai masker rambut

baca juga: Orang dengan Gangguan Lambung Dipercaya Tak Boleh Makan Ketan, Ini Faktanya

Tambahkan minyak nimba sebagai masker rambut sebagai rutinitas perawatan. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan rambut, dengan memiliki kandungan vitamin E dan Omega-3. Gunakan kombinasi ini untuk menyembuhkan rambut yang rusak.

Caranya, rebus seperempat cangkir biji rami dengan dua cangkir, lalu air panaskan kemudian selama dua hingga tiga jam sampai berbentuk gel. Setelah itu saring campuran tersebut, dan tambahkan tiga sendok teh minyak nimba dan mulai aduk secara rata.

Oleskan masker rambut tersebut ke rambut dan kuli kepala, sebelum dicuci dan dibilas dengan sampo biasa.

Tambahkan sampo

Cara yang termudah dan efektif, dengan menggunakan minyak nimba dan sampo ke dalam perawatan rambut . Caranya, ambil satu hingga dua sendok teh minyak nimba, dan tambahkan sampo. Oleskan kemudian di rambut sebelum dibilas.

Editor: Eko Fajri