Puluhan Unit Motor dengan Knalpot Racing Ditertibkan Satlantas Pariaman

ilustrasi
ilustrasi (Net)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF -38 unit sepeda motor yang menggunakan knalpot racing diamanakan oleh Satlantas Polres Kota Pariaman , Rabu (17/3/2021).

Kapolres Kota Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana melalui Kasat Lantas, IPTU Albert IG Hutagalung mengatakan, penertiban knalpot racing itu adalah bentuk antisipasi gangguan ketertiban dan kenyamanan.

baca juga: Korban Kedua yang Tenggelam di Pantai Tiram Pariaman Ditemukan Meninggal Dunia

"Selain untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan, penertiban kendaraan yang menggunakan knalpot racing juga untuk mengantisipasi balapan liar. Mereka yang balapan liar menggunakan knalpot racing ," ungkap Kasat Lantas IPTU Albert IG Hutagalung.

Lebih lanjut dikatakannya, hingga saat ini pihaknya telah mengamankan sekitar 38 kendaraan yang menggunakan knalpot racing .

baca juga: Pemko Padang Ingin Jadikan Gunung Pangilun Lokasi Wisata Sejarah, Kadis Pariwisata: Tunggu Persetujuan Ninik Mamak

"Knalpot itu dicopot dari kendaraannya, dibuka agar tidak lagi digunakan," ulas IPTU Albert IG Hutagalung.

Dikatakan juga olah Albert, sudah banyak juga masyarakat yang melaporkan bahwa pengguna knalpot racing menjamur di Pariaman .

baca juga: Vaksinasi ASN Pemko Padang Baru 50 Persen

"Namun saat ini, hal tersebut tidak lagi meresahkan. Kami telah lakukan razia atau penertiban. Hasilnya bisa kita lihat, bisa dikatakan knalpot racing sudah minim di Pariaman ," katanya.

Untuk diketahui, menggunakan knalpot racing dengan tidak semestinya adalah suatu pelanggaran. Hal ini mengacu pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009, Pasal 285 Ayat 1, tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

baca juga: Adik Kakak Tenggelam di Pantai Tiram, Kakak Meninggal Adik Masih Dicari

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri