Ini Sejumlah Langkah untuk Membantu Anda Berhenti Merokok

Rokok
Rokok (net)

KLIKPOSITIF - Banyak orang ingin berhenti merokok. Namun hanya sedikit yang bisa mewujudkan keinginannya. Berhenti merokok merupakan tantangan tersendiri terutama bagi mereka yang sebelumnya merupakan perokok berat.

Ini sejumlah langkah yang bisa membantu anda berhenti merokok:

baca juga: Perpanjangan PPKM Harus Dibarengi Penyempurnaan Kebijakan Oleh Pemerintah

Target yang masuk akal

Rencana untuk berhenti merokok adalah rencana yang bersifat personal, bergantung pada kepribadian Anda. Apakah akan lebih mudah bagi Anda jika Anda langsung berhenti merokok? Atau Anda lebih memilih untuk pelan-pelan mengurangi jumlah rokok yang Anda isap dalam sehari? Jika Anda sudah menemukan rencana yang tepat, Anda harus berpegang pada rencana tersebut. Misalnya dalam satu minggu ke depan Anda akan mengurangi setengah jumlah rokok yang biasa Anda isap, maka hal tersebut harus benar-benar Anda lakukan.

baca juga: Varian Delta Disebut Menular Seperti Cacar Air

Beri alasan mengapa Anda harus berhenti merokok

Setiap orang memiliki alasan kenapa ingin berhenti merokok. Ingin hidup yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit di masa depan? Melindungi keluarga Anda dari asap rokok? Atau ingin menjadi contoh yang baik bagi anak-anak Anda? Anda bisa membuat catatan alasan-alasan Anda dan letakkan di tempat yang mudah untuk Anda baca di kemudian hari. Jika suatu saat Anda tidak tahan dengan dorongan untuk merokok kembali, Anda bisa mengingat dan membaca lagi alasan Anda untuk berhenti merokok.

baca juga: Waspadai Sakit Perut Bagian Kanan, Ini Sejumlah Penyakit yang Mungkin Terjadi

Kenali apa yang memicu Anda untuk merokok

Keadaan seperti apa yang menimbulkan keinginan Anda untuk merokok? Dengan mengetahui kebiasaan apa yang memicu Anda untuk merokok, Anda dapat lebih mudah mengontrol keinginan untuk merokok. Misalnya jika Anda merokok untuk menghilangkan stres, catatlah hal tersebut dan perkirakan bagaimana caranya untuk mengatasi stres Anda tanpa harus merokok. Atau apakah Anda terbiasa merokok setelah makan?

baca juga: Puan: Tingkatkan Kualitas Layanan dan Fasilitas Kesehatan di Seluruh Indonesia

Menurut salah satu studi di US yang dikutip dari website NHS, beberapa makanan seperti misalnya daging, dapat membuat rokok menjadi lebih nikmat dan secara tidak langsung memicu Anda untuk ingin merokok. Anda bisa mengganti makanan Anda yang biasanya didominasi oleh daging menjadi lebih banyak sayur dan buah, hal tersebut dapat mengurangi keinginan Anda untuk merokok. Selain itu, Anda mungkin dapat mengubah kebiasaan Anda setelah makan. Jika Anda terbiasa langsung merokok, Anda dapat mencuci piring dan membereskan meja langsung setelah makan agar Anda teralihkan dari keinginan untuk merokok.

Aktif berolahraga

Mereka yang merokok biasanya kurang aktif secara fisik. Selain kurang bergerak dan kurang berolahraga, mereka yang merokok biasanya memiliki jumlah asupan kalori yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan non perokok. Seluruh aspek ini dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit-penyakit lain di kemudian hari. Mulai berolahraga bisa menjadi salah satu kegiatan yang patut Anda masukkan ke dalam jadwal harian Anda. Selain dapat menjaga tubuh tetap sehat, berolahraga dapat membantu Anda berhenti merokok. Ketika Anda aktif secara fisik, otak Anda akan memproduksi zat-zat penting yang bekerja dalam mengontrol keinginan Anda untuk merokok.

Editor: Ramadhani