Pemerintahan

Wawako Solok : Masjid Pondasi Perkembangan Umat

Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra Saat meresmikan pengurus masjid Al-Hidayah Kelurahan VI Suku
Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra Saat meresmikan pengurus masjid Al-Hidayah Kelurahan VI Suku (Prokomp)

Solok Kota , KLIKPOSITIF - Masjid merupakan pondasi utama dalam proses perkembangan umat Islam. Masjid menjadi sarana utama dalam menyatukan umat dari berbagai lapisan.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra saat pelantikan pengurus masjid Al Hidayah, Kelurahan VI Suku Kota Solok periode 2021-2024, Jum'at (5/3/2021).

baca juga: Kota Solok Kembali Raih KLA Kategori Madya

"Dilihat dari fungsi aslinya, Masjid adalah tempat untuk bersujud kepada Allah SWT, tempat shalat, dan tempat beribadah kepada-Nya, serta memberi manfaat bagi jamaah dan masyarakatnya," jelas Dhani.

Setidaknya, kata Dhani, Lima kali sehari semalam umat Islam dianjurkan mengunjungi masjid guna melaksanakan shalat berjamaah. Selain untuk beribadah, masyarakat juga bersosialisasi dan menjalin silahturahmi.

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

Akan tetapi, lanjutnya, masjid paling ramai dikunjungi hanya pada waktu Shalat Jum'at. Hal itu menjadi tantangan bagi pengurus untuk meramaikan jemaaah pada setiap salah wajib.

"Pengurus Masjid ditantang untuk mampu mengajak masyarakat mencintai masjid. Kegiatan masjid yang serba terus dan mempunyai manfaat bagi jamaah, akan menanamkan ikatan jamaah dengan masjid," tuturnya.

baca juga: Wawako Solok : Generasi Muda Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

Pada kesempatan itu, Wawako juga sangat mengapresiasi inovasi dari pengurus masjid Al-Hidayah. Salah satunya dengan tersedianya website masjid yang berisi tentang berbagai informasi dan agenda keagamaan.

"Ini merupakan sebuah langkah maju, jadi masyarakat bisa tahu beragam kegiatan keagamaan dan perkembangan mesjid dengan mengakses laman website yang disediakan," imbuhnya.

baca juga: Tekan Dampak Ekonomi, Pemko Solok Salurkan BST dan Beras PPKM

Dalam perjalanannya, pengurus masjid Al Hidayah juga secara rutin menyalurkan bantuan untuk anak yatim dan fakir miskin. Bahkan, Pendistribusiannya dilakukan setiap bulan.

"Semoga apa yang telah dicetuskan oleh Masjid Al-Hidayah ini bisa tetap dipertahankan untuk masa yang akan datang dan menjadi contoh bagi pengurus masjid-masjid lainnya," tutup Dhani.

Editor: Syafriadi