Kunjungan Perdana Wagub ke BLK Padang, Audy: Wah, Ini Menakjubkan Sekali

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy didampingi Kepala BLK Padang Syamsi Hari saat berkunjung ke ruangan pelatihan di BLK Padang
Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy didampingi Kepala BLK Padang Syamsi Hari saat berkunjung ke ruangan pelatihan di BLK Padang (Ade Suhendra)

PADANG , KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy lakukan kunjungan kerja ke Balai Latihan Kerja (BLK) Padang yang terletak di Jalan Sungai Balang, Bandar Buat, Kamis 4 Maret 2021. Dalam kunjungan tersebut, Audy yang baru menjabat beberapa hari setelah dilantik Presiden Joko Widodo tersebut takjub dengan kondisi BLK Padang .

Audy mengatakan dirinya terkesima dengan banyaknya pelatihan yang diselenggarakan oleh BLK Padang . Ia pun tidak menyangka bahwa Kota Padang memiliki tempat pelatihan yang memiliki sumber daya manusia yang sangat bagus untuk melatih kemampuan masyarakat.

baca juga: International Commission Of Jurists Berikan Penghargaan pada Pengadilan Agama Pariaman Karena Hal Ini

"Saya sangat takjub sekali ternyata ada tempat seperti ini di Kota Padang . sSngat luar biasa ada 45 pelatihan seperti pelatihan barista, pelatihan bahasa jepang, pelatihan desain grafis, garmen, akting, pelatihan mobil, pelatihan servis AC dan itu semua gratis," kata Wakil Gubernur Sumbar usai meninjau beberapa kelas di BLK Padang .

Menurutnya, keberadaan BLK Padang dapat membuka kesempatan bagi masyarakat khususnya pemuda dan pemudi di Sumbar yang ingin memiliki keterampilan atau kemampuan di bidang tertentu. Apalagi dikatakannya, pendaftarannya juga dilakukan secara online dan pelatihan di BLK Padang difasilitasi oleh negara.

baca juga: Cek Pos Pelayanan Operasi Ketupat, Kapolres Terus Ingatkan Prokes

"Jadi dengan mengikuti pelatihan di sini bisa ke luar negeri sebagai tenaga kerja skill bukan tenaga buruh atau tenaga kasar. Ini harus bisa dimanfaatkan oleh kita bersama dan ini membuka insight saya sebagai orang baru di pemerintahan Provinsi Sumbar , dimana ke depannya saya akan banyak minta bantuan serta bahu membahu membangun Sumbar , terutama untuk mengurangi tingkat pengangguran," ujarnya.

Ia menilai bahwa keberadaan BLK Padang dengan berbagai pelatihan bisa menghasilkan devisa negara karena dengan kemampuan peserta pelatihan di BLK Padang nanti pemerintah dapat melakukan pengiriman tenaga kerja ke luar negeri.

baca juga: Tambah 5 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Bupati Sebut Kasus Naik Akibat Abai Prokes

Kemudian informasi dari Pak Hari juga bahwa 85 persen peserta juga berasal dari Sumbar dan ternyata anak-anak di sini juga disiplin, ruangannya bersih, serta ini ke depannya dapat menjadi harapan baru untuk Sumbar ," kata Audy .

Sementara itu, Kepala BLK Padang Syamsi Hari mengatakan pihaknya akan melakukan sinkronisasi program daerah dengan pemerintah pusat Kemnaker. Ia menjelaskan bahwa melalui BLK Padang , dimana Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi yang ada di BLK Padang seperti sub kejuruan Kontruksi bangunan, otomotif, perhotelan dan kejuruan lainnya dapat di sinkronisasikan dengan pemerintah daerah dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia masyarakat Sumbar .

baca juga: Salurkan Zakat, 65 Ton Beras Dibagikan di Padang Pariaman

"Kami mengapresiasi atas kunjungan dari Wagub Sumbar dan telah melihat langsung fasilitas serta program pelatihan yang ada di BLK Padang . Kami berharap ke depannya pemerintah daerah bisa bersama dan bersinergi untuk membangun sumber daya manusia menuju Indonesia Kompeten," kata Syamsi Hari usai mendampingi Wakil Gubernur Audy Joinaldy yang melakukan kunjungan ke BLK Padang .

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi