Pemain Catur Daring Asal Indonesia "Dewa Kipas" Kalahkan Pemain Catur GothamChess, Ehh Akunnya Malah Diblokir

.
. (chess.com)

KLIKPOSITIF - Salah satu pemain catur daring asal Indonesia, Dadang Subur baru-baru ini hangat diperbincangkan karena berhasil mengalahkan YouTuber sekaligus gamer catur online, GothamChess.

Akun milik Dadang Subur bernama Dewa_Kipas dikabarkan ter-banned usai pertandingan panas tersebut. Hal itu dikabarkan oleh sang anak, Ali Akbar lewat status Facebook-nya.

baca juga: Apple Akan Desain Apple Watch SE 2022 dengan Fitur Tahan Banting

Kisah Dadang Subur yang diduga bukan pemain baru dalam dunia catur tersebut viral usai beredar di platform media sosial lainnya. Di Twitter, kabar itu jadi sorotan setelah dibagikan oleh pemilik akun @eriemrn pada Kamis (4/3/2021).

Menurut informasi yang beredar, kemenangan Dadang Subur lewat akun Dewa_Kipas itu sudah membuat para penggemar GothamChees marah.

baca juga: Padangpanjang Masuk Kategori Kota dengan Pendapatan APBD Tertinggi, Payakumbuh Realisasi Belanja Tertinggi

Saking kesalnya karena idola mereka kalah, para penggemar menuding Dewa_Kipas melakukan kecurangan sehingga berujung pada pelaporan.

Dadang Subur atau pemilik akun Dewa_Kipas dikabarkan tiba-tiba mendapat lawan main Gotham Chess . Permainan keduanya disiarkan langsung lewat Twitch.

baca juga: Cadangan Devisa Indonesia pada November 2021 Tercatat 145,9 Miliar Dolar AS

"Bapak gue main catur nline di Chess.com, bertemu dengan Gotham Chess. Waktu bapak gue tanding disiarkan live di Twitch dan ditonton ribuan orang," terang Ali Akbar.

"Bapak gue menang, para penonton gambek, mereka menuduk bapak gue curang. Mereka nge-report masssal akun bapak gue. Sumpah gue gak terima," sambungnya.

baca juga: Pemerintah Resmi Batalkan Rencana PPKM Level 3 Pada Saat Nataru, Ini Aturan Penggantinya

Dalam unggahannya pula, Ali menjelaskan bahwa ayahnya bukan orang baru dalam dunia percaturan. Kata dia, ayahnya merupakan mantan pemain catur profesional.

Disebutkan olehnya sang Ayah pernah menjuarai turnamen catur di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, pada 2005 lalu.

Ali dikabarkan telah dihubungi pihak Gotham Chess untuk menyelesaikan masalah. Sang ayah disebutkan pula akan bertanding ulang.

Kabar sebagaimana dibagikan oleh akun @erimrn tersebut menuai berbagai macam komentar dari warganet.

"Tapi akunnya emang mencurigakan sih mbak. Wajar kalau chess.com banned akunnya. Bayangin aja hampir di setiap permainan, akurasinya menyentuh 95%++. Kalau gue lihat yang punya akurasi kek gitu cuma para Grandmaster dunia, kek Magns Carlsen contohnya," komentar Maaulana_.

"Bapak-bapak kalau main catur di pos ronda atau pos ojek bisa berjam-jam weh nyambi latihan itu. Belum tahu aja kan lu," balas Zephyronjune.

"Teruslah berlatih hingga kamu disangka pakai cheat. Semua game gitu. Jago dikit dibilang cheat," timpal Guebaperan.

"Asumsi gue bapaknya gak curang, tapi emang jago. Cuma biar makin yakin, adain pertandingan ulang yok. Siarin langsung, kita nonton ramai-ramai," sahut Arifkhakim.

Perlu diketahui, Gotham Chess adalah International Master dengan ELO 2400 dan seorang YouTuber dengan pengikut sebanyak 700 ribu orang.

Sehubungan dengan itu, Dewa Kipas terkini telah memberikan klarifikasi melalui Youtube Mr.Normal. Lihat Videonya di Sini

Editor: Eko Fajri