Besok, Dinkes Agam Jemput 320 Vial Vaksin Sinovac

Salah seorang nakes divaksin
Salah seorang nakes divaksin (KLIKPOSITIF)

AGAM , KLIKPOSITIF - Besok, Rabu (3/3), Dinas Kesehatan Kabupaten Agam dijadwalkan menjemput 320 vial Vaksin Sinovac dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Agam , Tri Pipo, Selasa (2/3) mengatakan, penjemputan vaksin akan dikawal oleh pihak kepolisian, sampai Lubuk Basung vaksin disimpan di gudang instalasi farmasi Dinas Kesehatan Agam .

"Vaksin tahap II dengan sasarannya pelayan publik. Namun, untuk sesi pertama difokuskan terhadap TNI dan Polri, setelah itu baru dilaksanakan bagi pelayan publik lainnya," ujarnya dilansir dari AMC.

baca juga: Kasus COVID-19 Kian Mengkhawatirkan, Objek Wisata di Agam Tutup Saat Libur Lebaran

Menurutnya, jumlah TNI dan Polri yang akan divaksin lebih 1.000 orang. Saat ini Dinkes masih menunggu data pasti dari Polri, karena di Agam terdapat dua Polres yaitu Polres Agam dan Bukittinggi.

Data pasti yang sudah diperoleh Dinas Kesehatan Agam untuk TNI sebanyak 206 orang, Polres Agam 319 orang dan Polres Bukittinggi masih melakukan koordinasi.

baca juga: Soal Penutupan Objek Wisata, Pelaku Usaha Minta Pemerintah Berlaku Adil

"Jatah vaksin tahap II di Agam sebanyak 320 vial untuk dua kali penyuntikan, di mana 1 vial kapasitasnya untuk 8 orang," terang Tri Pipo.

Untuk pelaksanaannya, kata Tri Pipo, khusus TNI akan dilaksanakan di Rumah Sakit TNI Bukittinggi, sedangkan Polres baik Agam maupun Bukittinggi dilaksanakan bergabung dengan Puskesmas di wilayah masing-masing.

baca juga: Gagal di Final MTQ Internasional, Qoriah Asal Agam Dapat Beasiswa S2 dari Bupati AWR

"Sedangkan jadwal vaksinasinya diatur oleh masing-masing lembaga, kita berharap pelaksanaannya bisa cepat, supaya dapat dilakukan sesi berikutnya untuk pelayan publik lain," pungkasnya.

Editor: Rezka Delpiera