Bantu Atasi Kram Otot, Konsumsi Buah-buah Berikut Ini

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Kram otot merupakan kondisi umum di mana setiap orang bisa mengalaminya. Secara medis, nyeri otot bisa disebabkan oleh olahraga berlebihan, dehidrasi, hingga cedera ringan. Kram otot sering dialami oleh atlet dan orang dengan jadwal olahraga yang intens.

Selain menjaga asupan cairan yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi, atlet sering kali menggunakan pengobatan rumahan untuk meredakan kram otot seperti meregangkan dan memijat otot , mengompres es, mandi garam Epsom, atau bahkan minum obat.

baca juga: Ini Alasan Perlunya Cuti dari Pekerjaan Bagi Setiap Orang

Selain pengobatan rumahan tersebut, ada beberapa buah yang bekerja meredakan kram otot. Berikut dilansir dari Indian Express.

1. Semangka

baca juga: Banyak yang Tidak Sadar, Ini Efek Samping Organisme Secara Psikologis dan Fisiologis

Tak hanya lezat dan menyegarkan, semangka juga salah satu makanan terbaik untuk meredakan kram otot. Semangka kaya akan air dan mineral seperti kalium dan magnesium yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan-elektrolit tubuh.

Di sisi lain, semangka secara alami kaya akan citrulline, asam amino yang bermanfaat untuk memperlancar aliran darah. Fakta ini didukung oleh penelitian di Spanyol yang dilakukan pada tahun 2013 di mana 500 ml jus semangka menunjukkan pemulihan yang lebih baik dan mengurangi nyeri otot di antara para atlet.

baca juga: Pele Dirawat di Rumah Sakit, Begini Kondisinya

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik bersama dengan elektrolit seperti kalium dan magnesium yang membantu mengurangi kram otot dan meningkatkan kontraksi otot .

baca juga: Pemainnya Banyak yang Terserang Covid-19, Conte: Situasinya Serius

3. Pisang

Pisang banyak dikonsumsi oleh atlet maupun penyuka olahraga untuk mengatasi kram otot. Ini sering dikonsumsi sebelum latihan karena sifat pemberi energi dan kaya kandungan mineral seperti kalsium, kalium, dan magnesium untuk menjaga keseimbangan elektrolit. Mineral yang ada dalam pisang membantu menjaga keseimbangan elektrolitik, sehingga mencegah kram .

4. Pepaya

Pepaya adalah buah kaya kalium dan magnesium, dianggap baik untuk meredakan kram otot. Kandungan serat pepaya juga menjaga kesehatan usus tetap kuat, meredakan masalah pencernaan, memperkuat sistem kekebalan karena kandungan vitamin A yang tinggi, dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

5. Air kelapa

Air kelapa merupakan sumber kalium yang kaya dan juga mengandung kalsium, natrium, magnesium, dan fosfor. Minuman alami ini enak dan membantu mencegah kram . Karena adanya asam amino seperti alanin, arginin, sistein; air kelapa mengurangi stres dan mendukung pemulihan otot .

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition pada tahun 2012 menemukan bahwa air kelapa efektif dalam menjaga hidrasi dan performa olahraga saat diberikan kepada atlet terlatih.

Editor: Eko Fajri