Bayi 10 Bulan Terinfeksi COVID-19 di Pasbar

Ilustrasi
Ilustrasi (Klikpositif)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Jumlah kasus positif Corona atau COVID-19 terus bertambah di Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ), Sumbar. Kali ini jumlah penambahan mencapai 6 orang.

Penambahan kasus ini menyebabkan jumlah kasus Corona di Kabupaten Pasaman Barat terus meningkat dan sebanyak 35 orang telah meninggal dunia sejak pandemi Corona berlangsung di daerah itu.

baca juga: DLH Sumbar Minimalisir Resiko Penularan Pandemi dari Limbah Penanganan Covid-19

"Hari ini kembali penambahan 6 kasus positif Corona, 1 diantaranya bayi berumur 10 bulan," sebut Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat , dr Gina Alecia, Minggu (28/2/2021).

Ia mengatakan dengan adanya penambahan 6 kasus positif Corona di Kabupaten Pasaman Barat , maka telah menjadi 565 orang warga di daerah itu dinyatakan positif virus Corona.

baca juga: Sampaikan SE Menag, Audy Joinaldy: Zona Merah dan Oranye Tak Boleh Gelar Salat Id Berjamaah

"Sebelumnya positif Corona 559 kasus dan hari ini bertambah 6 kasus maka menjadi 565 kasus. Sedangkan yang sembuh sebanyak 511 orang, 35 orang meninggal dunia dan 19 orang masih positif masih menjalani isolasi," katanya.

Ia merinci penambahan 6 kasus positif Corona itu yakni, berdasarkan informasi dari Laboratorium FK Unand Nomor 444/02/PDRPI-FK/2021 pada (28/2) terhadap hasil swab oleh Puskesmas IV Koto (26-27/2) didapatkan 5 orang terkonfirmasi positif Corona.

baca juga: Update Covid-19 Kota Solok, 12 Kasus Baru, 8 Orang Sembuh

Kelima orang terkonfirmasi Corona itu dengan rincian sebagai berikut, Nyonya WOP (29) dan Tuan MOS (29) merupakan warga Jorong Simpang Ampek. Kedua nya merupakan pasien Suspek COVID-19.

Selanjutnya yakni bayi laki-laki ZAS (10 bulan) merupakan warga Jorong Jambu Baru, Padang Tujuh Kecamatan Pasaman. Bayi ini kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.

baca juga: Mondi Harto Jadi Ketua KONI Pasbar, Anggota DPRD Sumbar Ini Siap Bantu dengan Dana Pokir

Kemudian dua orang warga Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau dengan inisial Tuan YS (62) dan Tuan TH (29). Kedua pasien ini terpapar karena kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.

Sedangkan berdasarkan informasi hasil Laboratorium FK Unand Nomor 1759/02/PDRPI-FK/2021 pada (28/2) terdapat hasil swab pada RS Ibnu Sina Padang (27/2) didapatkan lagi 1 orang terkonfirmasi positif Corona.

Satu orang terkonfirmasi positif itu yakni dengan inisial Tuan A (61) warga Jorong Padang Halaban, Kecamatan Sasak. Pasien ini merupakan Suspek COVID-19.

Terhadap Tuan A ini, dr Gina mengatakan sudah dalam perawatan di RS Ibnu Sina Simpang Empat. Sedangkan terhadap 5 orang pasien lainnya sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Kelima pasien direncanakan untuk diisolasi di RSUD Pasaman Barat dan Balai Diklat BKPSDM Talu. Saat ini juga telah dilaksanakan langkah

cepat proses tracking," katanya.

Ia mengungkapkan pihaknya tengah melaksanakan proses pelacakan atau tracking dan testing, untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Bumi Mekar Tuah Basamo.

"Kita berharap, dengan adanya penambahan kasus konfirmasi positif di Pasaman Barat dapat menggugah kesadaran diri masing-masing untuk selalu waspada terhadap COVID-19," harapnya.

"Warga juga kita minta agar selalu rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan," sambung Gina mengakhiri.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera